Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Des 2019 12:01 WIB

TRAVEL NEWS

Canggihnya Bandara Changi, Koper Takkan Hilang Lagi

Bonauli
detikTravel
Ilustrasi koper (iStock)
Ilustrasi koper (iStock)
Singapura - Cerita penumpang pesawat yang kehilangan koper rasanya sering terdengar. Untuk itu, Bandara Changi punya teknologi sensor pembaca label pada koper.

Penumpang pesawat seringkali kehilangan koper atau tas yang masuk ke dalam bagasi. Ada saja tas yang tertinggal di bandara awal atau kesasar ke bandara lain.

Menurut data dari Perusahaan teknologi penerbangan (SITA) tahun 2017, ada 22,7 juta tas penumpang yang mengalami salah penanganan. Kalau dirinci, ada 6 tas dari 1.000 penumpang yang tasnya hilang atau salah kirim.

Bandara Internasional Changi, punya teknologi canggih untuk memuaskan penumpang yang datang ke Singapura. Diintip detikcom dari situs resmi Bandar Internasional Changi, Senin (2/12/2019) teknologi tersebut berupa sensor pembaca label tas di penumpang.

Sensor pembaca label pada tas penumpangSensor pembaca label pada tas penumpang Foto: (Changi Airport)

Sensor pembaca label ini akan secara otomatis bekerja ketika koper-koper diturunkan dari pesawat. Koper-koper yang masuk akan tercatat dan masuk conveyer belt.

Teknologi ini akan mempermudah pihak Bandara Changi dalam melacak tas atau koper penumpang. Barang bagasi yang masuk akan tercatat rapi dalam sistem.

Saat ini baru Terminal 3 saja yang memiliki teknologi ini. Rencananya, terminal-terminal lain akan dipasangkan sensor canggih ini dengan segera.


International Air Transport Association (IATA) merencanakan resolusi baru untuk mengurangi penanganan tas yang salah. Ada 4 titik utama yang harus jadi tempat pelacakan bagasi, yaitu serah terima koper penumpang ke maskapai, saat bagasi memuat ke pesawat, koper yang dikirim ke area transfer dan kembali ke penumpang.

Bandara Internasional Changi ingin tiap wisatawan yang datang ke Singapura tidak mengalami hal tersebut. Sehingga berbagai inovasi terus dilakukan untuk kenyamanan penumpang.




Simak Video "Tujuan Bandara Changi Luncurkan ‘'Changi Rewards Travel’'"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA