Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Des 2019 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang Panik Mau Buka Pintu Pesawat yang Sedang Terbang

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi pintu pesawat. (Foto: iStock)
Ilustrasi pintu pesawat. (Foto: iStock)
Jakarta - Akibat serangan panik (panic attack), yakni kemunculan rasa takut atau gelisah berlebihan secara tiba-tiba, seorang pria mencoba membuka pintu pesawat yang sedang terbang.

Sebagaimana dilansir The Guardian, insiden ini terjadi pada awal pekan ini sekitar sejam sebelum penerbangan British Airways BA 263 tujuan Heathrow ke Riyadh mendarat di Arab Saudi.


Seorang penumpang pesawat pria dalam penerbangan tersebut mencoba menarik gagang pintu pesawat sembari berteriak, "aku ingin keluar."

Dengan pesawat masih mengudara, penumpang lain tak ayal berusaha menghalangi pria tersebut. Salah satunya adalah saudara petinju Dillian Whyte, yaitu Dean Whyte. Ia memeluk pria ini lalu menariknya menjauh dari pintu.


Awak kabin juga menenangkan pria itu sebelum kemudian mengantarnya kembali ke tempat duduknya. Mereka terus menjaga penumpang ini sampai pesawat mendarat.

Menanggapi kejadian tersebut juru bicara British Airways mengatakan, "awak kabin kami memperhatikan penumpang yang menderita kepanikan selama penerbangan."

Mereka juga meminta maaf kepada penumpang lain atas kejadian tersebut.


Meskipun kejadian ini terlihat menakutkan, secara teknis pintu itu tidak mungkin terbuka saat pesawat mengudara karena tekanan kabin tidak memungkinkannya. Selain itu, pintu ini juga diamankan dengan serangkaian listrik atau kait mekanis.

Insiden ini menambah daftar panjang kejadian penumpang mencoba membuka pintu pesawat secara paksa. Pada Juni lalu seorang penumpang mabuk mencoba untuk membuka pintu darurat Air Europa. Hal ini menyebabkan penerbangan menuju Santo Domingo, Republik Dominica harus kembali ke Madrid, Spanyol.


Kejadian lainnya juga terjadi di bulan yang sama ketika seorang wanita membuka pintu darurat pesawat Pakistan International Airlines. Wanita itu membuka pintu saat pesawat masih di runaway karena mengira pintu itu sebagai toilet.

Tingkah unik penumpang juga terjadi pada September lalu ketika penumpang Xiamen Airline membuka pintu pesawat dengan alasan pengap. Kelakukan penumpang ini menyebabkan pesawat mengalami keterlambatan selama 1 jam karena staf harus menutup pintu dan memeragakan instruksi keselamatan kembali.




Simak Video "Balapan Pesawat Listrik Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA