Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Des 2019 08:55 WIB

TRAVEL NEWS

Inilah Keikyu, Robot Petugas Bandara di Jepang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Robot pembantu Keikyu di stasiun bandara Haneda (Randy/detikcom)
Tokyo - Singgah ke Bandara Haneda di Jepang, jangan heran ketika bertemu dengan robot bernama Keikyu. Kamu bisa loh main bareng dia.

Negeri Sakura Jepang memang sangat mutakhir untuk urusan teknologi, tak terkecuali dengan robot pembantu yang mulai banyak ditemui di sejumlah tempat umum seperti bandara dan stasiun kereta.

Dalam kunjungan ke Jepang lewat program MRT Fellowship 2019, Senin (9/12/2019) kemarin, detikcom sempat bertemu dan bermain langsung dengan robot Keikyu di stasiun Bandara Haneda. Lokasinya persis ada di sebelum gate stasiun kereta Haneda.

Ibaratnya petugas kereta yang siap sedia membantu, kehadiran robot pembantu Keikyu yang imut dan didominasi warna putih pun langsung mencuri perhatian.

Dikembangkan oleh Pepper yang tercipta atas kerjasama dengan SoftBank Robotics dan Aldebaran, robot Keikyu memang didesai sedemikian rupa untuk membantu para pelancong.



Canggihnya 'Petugas' di Bandara HanedaAda berbagai opsi yang bisa diulik (Randy/detikcom)
Penasaran, saya pun menghampiri robot Keikyu dan mencoba berinteraksi dengannya. Kamu yang tidak bisa bahasa Jepang pun tak perlu khawatir, karena robot Keikyu punya opsi bahasa Inggris yang mudah dimengerti.

Diketahui, robot Keikyu punya sejumlah fungsi interaktif yang bisa diulik. Misalnya, kamu bisa minta saran pada robot Keikyu perihal rekomendasi tempat wisata. Cocok buat kamu yang masih bingung mau liburan ke mana.

Kemudian juga ada opsi hiburan, seperti berfoto bareng robot Keikyu hingga memintanya berjoged. Buat anak-anak, malah ada opsi permainan interaktif yang cukup menghibur.

Menariknya lagi, siapa pun bisa bermain dengan robot Keikyu tanpa dipungut bayaran alias gratis. Kamu yang malu-malu pun bisa langsung bertanya pada robot Keikyu kalau menjumpai mereka.

Selain modern dan futuristik, sekiranya robot Keikyu juga menjembatani kebutuhan antara pengelola stasiun kereta, Pemerintah Jepang dan traveler. Tentunya tanpa perlu sungkan atau repot-repot.

Simak Video "Digelar Tahun Depan, Atlet-Penonton Olimpiade Tokyo Perlu Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA