Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Des 2019 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Google: Pasar Travel Online RI Tetap Besar dan Tumbuh Pesat

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi wisatawan (Foto: Dewi Sartika Kowi/d'Traveler)
Jakarta - Indonesia masih tetap menjadi pasar terbesar bisnis travel online, yang juga mengalami pertumbuhan paling pesat, di kawasan Asia Tenggara. Begitu kata Google di tahun 2019.

Hal itu dipaparkan dalam data "2019 Year in Search Indonesia" dari Google. Perkembangan yang meningkat begitu pesat terlihat dari sisi valuasinya, hasil rangkuman data dilihat juga dari Temasek, Bain & Company e-Conomy SEA 2019 Report.

Pada tahun 2015, pasar online travel-nya hanya sebesar USD 5 miliar atau setara Rp 70 triliun. Tapi, empat tahun berselang yakni di tahun 2019, valuasinya meningkat dua kali lipat menjadi USD 10 miliar.

"Tahun 2025 nanti diperkirakan nilai pasar online travel akan meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi USD 25 miliar," kata Google.

Pada 2018 akhir hingga 2019, pertumbuhan kata kunci mengenai liburan dan yang berkaitan juga meningkat pesat. Peningkatan itu sebesar 39% dalam waktu 18 bulan terakhir.

Saat ini, ungkap data tersebut, wisatawan Indonesia semakin menginginkan liburan yang aman dan nyaman. Ini terindikasi dari kunci yang pesat meningkat pencariannya yakni lounge (1,4 kali), reschedule (1,2 kali), dan insurance 3,7 kali.

"Ada 1,4 kali pertumbuhan dalam pencarian dengan pertanyaan tertinggi sekitar lounge di bandara. Ada peningkatan pencarian 1,2 kali dengan sebagian besar pertanyaan yang mencari informasi tentang penjadwalan ulang tiket. Terakhir, kata kunci asuransi meningkat 3,7 kali," kata Google dari Google Trends Data, 2019.




Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA