Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Des 2019 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Buah Paling Berbahaya yang Dilarang di Amerika

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Buah ackee (Foto: iStock)
Jakarta - Amerika Serikat melarang peredaran buah ackee padahal buah ini jadi kebanggaan masyarakat Jamaika. Lantas, seperti apa sih buah ackee ini sampai bikin takut negara sebesar AS?
Dari sekian banyak jenis buah, Amerika Serikat melarang imporbuahackee segar meskipun buah ini populer di Jamaika dan Karibia. Sepertiapabuahackee?Dirangkumdetikcom dari berbagai sumber, berikut ini lima faktanya.
1. Berasal dari Afrika

Tanaman ackee berasal dari Afrika Barat. Nama ackee diambil dari kata 'anke' atau 'ankye-fufuo' yang merupakan kata dalam bahasa Twi, Ghana. Tanaman ini dibawa budak-budak Afrika ke Jamaika sekitar 1778.
Barulah setelah Kapten William Bligh memperkenalkannya ke dunia barat tahun 1793, buah ini menjadi semakin dikenal. William Bligh juga merupakan sosok yang menyematkan nama latin untuk tanaman ini yaitu blighia sapida.

5 Fakta Buah Paling Berbahaya yang Dilarang di AmerikaPohon Ackee (Foto: iStock)

2. Masih satu keluarga dengan leci

Pohon ackee bisa tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis dan subtropis seperti di Afrika Barat, Amerika Selatan, Florida bagian selatan, dan Karibia. Di Indonesia, tanaman ackee bisa kita temui di Taman Buah Mekarsari.


Pohon ackee bisa tumbuh sekitar 9-15 meter dengan daun majemuk dan beraroma seperti bunga. Tanaman ini umumnya berbuah setahun dua kali yaitu pada bulan Januari-Maret dan Juni-Agustus.

Ackee rupanya masih satu keluarga dengan leci yang nama familinya sapindaceae walaupun secara fisik tak mirip. Buah ackee ini berwarna kuning hingga merah terang. Ketika matang, buah ini memiliki lebar antara 7,5-10 centimeter dan bagian bawahnya akan terbelah, memperlihatkan tiga biji hitam mengkilap. Biji itu dikelilingi daging buah berwarna kekuningan, berminyak, dan tebal.
Sejumlah kandungan zat dan mineral baik terkandung dalam buah ini seperti vitamin A, zinc, dan protein. Selain itu menurut Organisasi Kesehatan Pan Amerika, ackee dapat menjadi sumber lemak yang baik.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA