Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Des 2019 05:15 WIB

TRAVEL NEWS

Detik-detik Bandara Menguras Uang Anda

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (iStock)
Jakarta - Bandara lebih dari sekadar tempat berangkat atau menunggu pesawat. Bandara adalah suatu tempat bisnis besar yang menggiurkan.

Tak dipungkiri, kini sudah banyak bandara di dunia yang berlomba-lomba dalam hal fasilitas dan pelayanan. Pusat perbelanjaan dan restoran sudah jadi hal wajib yang ada di bandara. Lebih dari itu, malah ada bandara yang punya bioskop sampai air terjun buatan!

Untuk apa itu semua? Tujuannya satu, yaitu mendapatkan hati calon penumpang. Kalau mereka sudah suka, keluar uang pun rasanya tak jadi soal.



Bandara adalah tempat bisnis yang menggiurkan. Tak ayal, berbagai perusahaan atau ritel makanan sampai fashion berlomba-lomba mendapat lapak di bandara.

Dilansir detikcom dari berbagai sumber, 6 persen dari semua pembelian brand barang mewah di dunia terjadi di bandara. Serta, 40 persen pendapatan bandara bukan berasal dari pengoperasian pesawat melainkan dari aktivitas transaksi belanja para penumpang.

Soal bisnis di bandara, ada satu hal yang harus kamu tahu. Mungkin kamu belum mendengar hal ini sebelumnya, soal 'Golden Hour'.

Detik-detik Bandara Menguras Uang AndaFoto: (iStock)


Apa itu 'Golden Hour'?

'Golden Hour' adalah saat calon penumpang sudah duduk di gate dan menanti penerbangannya. Biasanya, kisaran waktu menanti penerbangannya itu sekitar 1 jam.

Saat itulah, para calon penumpang akan berusaha 'membunuh waktu'. Mungkin ada yang asyik main game, baca buku atau juga tidur. Namun mungkin juga, tak sedikit dari mereka yang berbelanja.

Ada yang belanja barang-barang di duty free, toko suvenir, hingga belanja makanan untuk mengganjal perut. Saat itulah, uang berputar dan bandara meraup pendapatan!

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan calon penumpang di 'Golden Hour', semakin banyak uang yang akan mereka habiskan. Setiap menit itu sangat berharga bagi bandara," kata Julian Lukaszewicz, seorang dosen Manajemen Penerbangan dari Buckinghamshire New University kepada Telegraph.



Julian menjelaskan, begitu calon penumpang melewati pemeriksaan keamanan dan menunggu di gate, saat itulah dirinya rileks. Calon penumpang bisa mengamati apa yang ada di dekatnya, untuk kemudian memenuhi kebutuhannya.

"Sekarang sudah banyak juga aplikasi self check-in dan lainnya, yang memudahkan calon penumpang untuk segera masuk ke bandara. Itu sangat membantu," terangnya.

Pihak bandara pun harus memperhatikan betul soal 'Golden Hour'. Bandara harus tahu apa saja yang penumpang butuhkan selagi menunggu penerbangan.

Toko makanan ringan atau kafe menjadi pilihan tepat yang lokasinya berada di dekat gate. Sebab, kebanyakan membeli snack, minuman, atau sekadar duduk meminum kopi sebelum pesawat tiba.

Detik-detik Bandara Menguras Uang AndaFoto: (iStock)


Meski 'Golden Hour' begitu singkat, pihak-pihak penjaga toko dan pelayan di kafe di bandara tetap harus melayani sepenuh hati. Sebab kalau meninggalkan kesan tak menyenangkan, malah berbahaya untuk citra mereka sendiri.

Simak Video "Nggak Seperti Kemarin, Pagi Ini Bandara Soetta Sepi!"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA