Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Des 2019 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Sedih, Kapal Pesiar Tabrak Karang di Raja Ampat Lagi

Bonauli
detikTravel
Foto: Kapal pesiar kandas di terumbu karang Raja Ampat, Papua Barat. (Foto Antara)
Wayag - Sebuah kapal pesiar Inggris, Aqua Blu, menabrak karang Raja Ampat ketika masuk perairan Pulau Wayag. Ini mengingatkan mengenai kejadian serupa dua tahun lalu.

Kapal pesiar Inggris, Aqua Blu masuk ke perairan Pulau Wayag pada pukul 14.00 WIT, Kamis (19/12) lalu. Diintip detikcom dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019) Kapal tersebut menabrak karang di depan Pulau Wayag.

Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Koordinator Satker KKPN Raja Ampat, M Ramli Firman membenarkan bahwa Aqua Blu tersebut kandas. Dia mengatakan peristiwa tersebut sudah dilaporkan kepada Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang untuk diteruskan ke Jakarta guna menentukan langkah lebih lanjut.


Pihak perusahaan kapal diketahui sudah memberikan laporan akan masuk ke Pelabuhan Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Kapal tersebut memiliki izin yang dikeluarkan oleh Syahbandar Sorong untuk masuk tanggal 20 Desember 2019.

Kapal pesiar harus kembali melapor kepada Syahbandar Sorong ketika meninggalkan daerah Raja Ampat. Namun kapal tersebut belum melapor kepada perbedaan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Raja Ampat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Raja Ampat, M Said Soltief saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui kapal tersebut masuk ke Raja Ampat karena belum melapor dan belum membayar retribusi.

"Setiap kapal tujuan wisata di Raja Ampat wajib melapor di Waisai dan membayar retribusi Tanda Masuk Kapal Wisata dengan rekomendasi Dinas Perhubungan. Kapal Aqua Blu belum melapor dan membayar retribusi sehingga kami belum mengetahui bahwa kapal tersebut masuk berwisata di Raja Ampat," ujarnya.

Terkait informasi bahwa kapal Aqua Blu tergabung dalam Asosiasi Jaringan Kapal Rekreasi (Jangkar) yang beroperasi di Raja Ampat, ketua Asosiasi Fatiyah Suryani Mile mengatakan bahwa kapal tersebut belum menjadi anggota Jangkar.


Masuknya kapal pesiar dan menabrak karang di Raja Ampat bukanlah yang pertama. Sebelumnya ada Kapal Pesiar Caledonia Sky yang menabrak karang di Pulau Kri pada tahun 2017.

Pada kejadian tahun 2017 itu, kapal Pesiar Caledonian Sky yang dioperasikan operator tur Noble Caledonia diketahui kandas di perairan sekitar Pulau Kri, Raja Ampat, pada awal bulan Maret. Kapal ini kandas setelah selesai melakukan kegiatan wisata pengamatan burung di Pulau Waigeo.

Kandasnya kapal pesiar Caledonian Sky di sekitar perairan dangkal Pulau Kri mengakibatkan kerusakan tutupan karang sekitar 1.600 meter persegi. Sementara badan kapal tidak mengalami kerusakan yang berarti.




Simak Video "Kapal Pesiar Asuka 2 di Jepang Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA