Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Des 2019 18:13 WIB

TRAVEL NEWS

Berstatus Waspada, Tak ada Perayaan Tahun Baru di Gunung Slamet

Arbi Anugrah
detikTravel
Foto: Gunung Slamet (Robby Bernardi/detikcom)
Banyumas - Tak akan ada perayaan malam Tahun Baru 2020 di puncak Gunung Slamet, Jawa Tengah. Status gunung ini masih waspada.

Jelang pergantian tahun baru, status Gunung Slamet yang hingga saat ini masih berstatus waspada (level II). Berbeda dari tahun sebelumnya, dipastikan tidak ada perayaan pergantian tahun baru di puncak Gunung Slamet.

"Kalau Gunung Slamet belum ada pendakian, laporan terakhir tadi pagi statusnya masih waspada. Pendakian sampai saat ini masih kami tutup," kata Junior Manajer Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur Sugito kepada wartawan, Senin (30/12/2019).


Menurut dia, berdasarkan peringatan dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tidak ada aktivitas manusia pada radius 2 kilometer dari puncak. Aktivitas tersebut hanya diperbolehkan pada radius 4 kilometer sejak ditutup pada 9 Agustus 2019 lalu.

"Radius aman 2 kilometer kalau secara keilmuan, tapi karena waktu itu salah satu catatan dari PVMBG supaya tidak ada aktivitas wisatawan, sehingga kita sepakat seluruh basecamp pendakian wilayah timur tutup," jelasnya.


Untuk aktivitas wisatawan di jalur timur tersebut maksimal berada di Wadas Gantung dan View Slamet. Sedangkan jalur selatan, maksimal beraktivitas di Camp Kaliandra.

Namun demikian, pihaknya masih tetap akan menutup jalur pendakian Gunung Slamet hingga tahun depan, meskipun status Gunung Slamet sudah turun ke status normal.

Simak Video "Catat! Sejumlah Titik Perayaan Tahun Baru 2020 di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA