Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jan 2020 10:15 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Sukabumi Bersuara Soal Pungli pada Wisatawan

Syahdan Alamsyah
detikTravel
Spanduk bebas pungli di Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Spanduk dengan latar belakang putih dan tulisan hitam berisi pesan 'Kota Ini Bebas Dari Pungli' tersebar di sejumlah tempat Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Selain tulisan itu di bagian bawah spanduk terdapat beberapa tagar di antaranya #SaveWisatawan, #PemudaKritisBersuara, #KamiAdadanSenyap.

Hingga saat ini belum ada pihak manapun yang mengaku sebagai pemasang spanduk tersebut. Hanya saja, dari pantauan lini masa media sosial seorang pemilik akun bernama 'Ginjal Astral' yang memposting foto-foto lokasi di mana spanduk itu dipasang juga membuat status di bawah ini:

"SURAT CINTA DARI KAMI SEBAGIAN KECIL PEMUDA YANG MENCINTAI KOTANYA.

Assalamualaikum wr.wb
Sampuran warga PalabuhanRatu. Izinkan kami bersuara dengan cara kami. mohon maaf sebelumnya mungkin untuk beberapa pihak hal kecil yang kami lakukan hari ini merupakan pergerakan yang kurang berkenan atau mengganggu, tapi terlepas dari itu semua kami hanya sebagian kecil pemuda yang merasa resah melihat kampung halaman kita terganggu oleh perilaku oknum - oknum tertentu.

Pungli adalah suatu perbuatan yang menyimpang dalam kehidupan bermasyarakat. Mungkin bagi sebagian kelompok pungli bisa menjadi hal yang menguntungkan bahkan bisa menjadi mata pencarian untuk mereka, akan tetapi amat sangat disayangkan jika hal tersebut terus menerus dilakukan. Sebab banyak sekali masyarakat Palabuhan Ratu ( pribumi ) terutama para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang ada di pelabuhanratu merasa dirugikan.

Oleh sebab itu hal yang kita lakukan ini bertujuan untuk menyadarkan kita semua bahwa pungli dapat berdampak buruk bagi perkembangan wisata di Pelabuhan Ratu.

Bukan arogan atau tidak menghargai.
Kami hanya mencintai kampung halaman kami agar kedepannya pariwisata di Palabuhan Ratu bisa berkembang dengan baik dan mensejahterakan masyarakatnya.

Wassalamualaikum wr wb

#KamiAdaDanSenyap #SaveWisatawan #KamiAntiPremanisme #PemudaKritisBersuara #KamiAdaUntukKotaini #KamiMimpiBurukBagiPenjahat
#PalabuhanratuEndah
#Kamicintakotakelahiran
#JanganLupaBahagia
#JuruParkirLegal
#AkuKamuKitadanKotaini
#yakaliGaKuy
#HayukaPalabuhanratu
#TergerakOlehNurani

HAPPY NEW YEAR

Selain #SaveWisatawan, Akun Ginjal Astral Juga Bikin Surat CintaFoto: Syahdan Alamsyah/detikcom



Hingga saat ini Detikcom masih mencoba berkomunikasi dengan pemilik akun yang diduga sebagai pemasang spanduk-spanduk tersebut. Namun saat dihubungi melalui aplikasi messenger Facebook sang pemilik akun belum memberikan responsnya.

Simak Video "6 Pegawai Berhasil Selamat Usai Terjebak di Kebakaran Pabrik Kosmetik"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA