Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jan 2020 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Berapa Banyak Turis Datang ke Bali Selama Tahun 2019?

Putu Intan Raka
detikTravel
Foto: (iStock)
Jakarta - Selama tahun 2019 lalu, kunjungan turis ke Bali mencapai 6,3 juta orang. Angka ini lebih tinggi dibandingkan tahun 2018.

Tahun 2019 ditutup dengan kunjungan turis yang meningkat ke Bali. Menurut Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali, Putu Astawa, kunjungan turis tahun 2019 lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Dari sisi kunjungan wisatawan mancanegara, data yang saya pegang sampai akhir Desember 2019 itu sekitar 6,3 juta. Jika dibandingkan dengan 2018 besarannya 6 juta 70 ribu. Berarti ada peningkatan," katanya pada detikcom saat dihubungi via telepon pada Jumat (3/1/2020) kemarin.

Sementara itu, untuk wisatawan domestik, Putu mengatakan pihaknya masih melakukan pendataan.

"Sedang pendataan, perkiraan sekitar 10 juta selama setahun ini," tambahnya.



Bila wisatawan domestik diperkirakan mencapai 10 juta orang, ini berarti jumlahnya naik dari tahun sebelumnya. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan domestik yang plesiran ke Bali mencapai 9,7 juta orang pada 2018.

Animo masyarakat yang ingin berwisata ke Bali ini menurut Putu tetap tinggi walaupun harga tiket pesawat mahal. Sejumlah objek wisata juga dipadati wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor.

"Kalau dari sisi keramaian objek wisata itu di Kuta, macet," ujarnya.

Kemacetan memang sempat terjadi di jalan menuju kawasan wisata Bali seperti di Jalan Seminyak menuju Nusa Dua. Antrean kendaraan saat itu terjadi jelang Tahun Baru 2020. Guna mengurai kemacetan tersebut, Pemprov Bali sempat memberlakukan aturan kendaraan roda empat dilarang masuk ke objek wisata pantai.





Simak Video "Nila Moeloek Sebut Wisatawan Bali Menurun Gegara Isu Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA