Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Jan 2020 16:47 WIB

TRAVEL NEWS

Rahasia di Pesawat yang Kamu Belum Tahu

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Suasana kabin pesawat (Foto: iStock)
Jakarta - Ada informasi sensitif dimulai dari boarding pass sampai berbunyinya bel pesawat. Inilah sejumlah rahasia penerbangan yang jarang traveler ketahui.

Informasi mengenai dunia penerbangan memang tak pernah habis untuk dikulik. Meskipun traveler kerap menggunakan moda transportasi udara untuk bepergian, kadangkala masih banyak informasi yang belum traveler ketahui. Dirangkum detikcom dari Insider, Senin (6/1/2020) inilah beberapa rahasia penerbangan yang perlu traveler simak.

Ini Rahasia Penerbangan yang Jarang DiketahuiPramugari (Foto: iStock)

1. Sulitnya lolos tes jadi pramugari

Untuk bisa menjadi pramugari ternyata tidak mudah. Ada beragam program pelatihan dan tes yang harus dilalui calon pramugari agar layak menjadi pramugari profesional.

Salah satu contohnya di maskapai Delta Airlines dimana banyak calon pramugari yang gagal dalam proses seleksi. Pada 2016, hanya 1 persen dari 150 ribu pendaftar pramugari yang diterima. Sebagai perbandingan, tingkat penerimaan mahasiswa di Universitas Harvard mencapai 5,2 persen.

2. Tugas pramugari itu berat, salah satunya membantu persalinan

Siapa bilang pekerjaan pramugari hanya sekadar sebagai pelayan di udara? Seorang pramugari ternyata punya beragam tugas. Mereka juga dilatih untuk bisa menghadapi berbagai kendala teknis dan keselamatan.

Menurut pramugari bernama Carrie A. Trey sebagaimana dilaporkan The Points Guy, pramugari harus mengetahui teknik dasar dalam menghadapi kondisi darurat yang mengancam keselamatan penumpang.

"Pramugari akan menjalani tes praktik termasuk belajar bagaimana memadamkan api, mendiagnosis berbagai kondisi, membelat anggota tubuh yang patah, menghentikan mimisan, melakukan CPR, bahkan membantu persalinan," katanya.



Boarding passBoarding pass (Foto: iStock)

3. Boarding pass yang menyimpan segudang informasi

Teks yang terdapat dalam sebuah boarding pass ternyata mengandung banyak informasi termasuk informasi yang sensitif.

Dua huruf pertama sebelum nomor penerbangan menunjukkan nama pesawat. Angka yang tertera dalam nomor penerbangan sebenarnya merupakan petunjuk dari tujuan penerbangan. Menurut Gizmodo, angka ganjil menunjukkan penerbangan ke selatan sedangkan angka genap menunjukkan penerbangan ke barat.

Sementara itu, segmen enam karakter teks pada boarding pass adalah referensi pemesanan atau catatan nama penumpang. Kode kecil ini sebenarnya dapat digunakan secara online untuk mencari segala sesuatu dari tujuan penumpang, usia, dan informasi kartu kredit penumpang.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA