Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 10:21 WIB

TRAVEL NEWS

Grebeg Sudiro Siap Awali Perayaan Imlek di Solo

Bayu Ardi Isnanto
detikTravel
Suasana Kota Solo, Jateng jelan Grebeg Sudiro sambut Imlek (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Masyarakat Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo dan Kelenteng Tien Kok Sie sudah mulai bersiap merayakan tahun baru Imlek 2571/2020. Mereka akan menggelar Grebeg Sudiro sebagai agenda pembuka perayaan Imlek di Kampung Pecinan Solo itu.

Sebanyak 4.000 kue keranjang akan dibagikan kepada masyarakat. Sebagian akan dibuat berbentuk gunungan dan akan diperebutkan setelah puncak acara karnaval budaya pada 19 Januari 2020.

"Rangkaian acara digelar pada 15-25 Januari. Puncak acaranya karnaval budaya Grebeg Sudiro pada 19 Januari dengan tema 'Bersinergi Merawat Kebhinnekaan'," kata ketua panitia, Agra Setiawan.

Mulai 15-24 Januari, masyarakat bisa menikmati perahu wisata di sungai kawasan Pasar Gede. Pada 16 Januari, digelar Umbul Mantram atau doa-doa agar Grebeg Sudiro berjalan lancar.

Bazar potensi Kelurahan Sudiroprajan digelar pada 15-25 Januari. Pada puncak acara 19 Januari, ada 60 kelompok seni yang akan mengikuti karnaval budaya Jawa-Tionghoa itu.

Grebeg Sudiro Siap Awali Perayaan Imlek di SoloFoto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

"Ada gunungan berbentuk keris dan Balai Kota Surakarta yang akan diarak. Masing-masing kelompok akan membawa makanan khas," ujar dia.

Peserta akan mengelilingi rute sepanjang 3 km. Dimulai di depan Pasar Gede, peserta akan berjalan lewat Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan RE Martadinata, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Juanda, Jalan Urip Sumoharjo dan kembali ke Pasar Gede.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diundang dalam acara tahunan tersebut. Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang biasanya hanya di panggung, kali ini akan ikut dalam kirab.




Simak Video "Bentrok Massa Terjadi di Solo, Brimob Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA