Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 21:45 WIB

TRAVEL NEWS

Populer Sepekan: Kekuatan Paspor Indonesia di Dunia

Tim
detikTravel
Paspor Indonesia. (Foto: Dikhy Sasra)
Paspor Indonesia. (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta - Sudah tahu seberapa kuat paspor Indonesia di dunia saat ini? Jika kamu terlewat informasinya, berikut rangkuman salah satu pemberitaan populer sepekan tersebut.

Pekan ini Henley Passport Index sudah merilis daftar teranyar paspor terkuat di dunia. Penyusunannya turut didasarkan kepada seberapa banyak paspor masing-masing negara menawarkan akses bebas visa ke negara lainnya.

Baca juga: Daftar Terbaru Paspor Terkuat Dunia, RI Peringkat Berapa?

Dalam daftar yang dirilis per 7 Januari 2020 tersebut, Indonesia menempati peringkat 72. Ini merupakan posisi yang lebih baik satu peringkat dibandingkan daftar paspor index sebelumnya dari Henley.

Data tersebut turut menyatakan bahwa pemegang paspor Indonesia saat ini memiliki akses bebas visa ke 71 negara di dunia, termasuk di antaranya Visa on arrival dan electronic travel authorisation.

Baca juga: Ini Negara-negara Bebas Visa buat Paspor Indonesia

Di antara ke-71 negara di dunia tersebut, ada pula dua negara di Eropa. Artinya, pemegang paspor Indonesia berkesempatan jalan-jalan ke dua negara tersebut tanpa pakai visa.

Kedua negara tersebut adalah Belarusia dan Serbia, di Eropa Timur. Serbia telah memberlakukan bebas visa buat paspor Indonesia sejak 14 Oktober 2017. Sedangkan Belarusia baru bebas visa sejak 28 Juli 2018.

Baca juga: Paspor Indonesia Bebas Visa ke Dua Negara Eropa Ini

Buat orang Indonesia, Belarusia dan Serbia mungkin belumlah sepopuler destinasi di Eropa lainnya seperti, katakanlah, Inggris, Prancis, atau Swiss. Tapi kedua negara itu pun punya daya tarik pariwisata yang unik.

Belarusia, misalnya, bisa jadi destinasi wisata sejarah karena punya kastil-kastil yang menarik untuk dikunjungi. Traveler bisa pula menghasilkan foto-foto instagramable, bahkan dengan menyewa pakaian abad ke-17 hingga ke-19 di salah satu kastilnya.

Baca juga: Negara-negara Berpaspor Paling Lemah di Dunia

Tak cuma itu, Minsk yang merupakan ibukota Belarusia juga sarat dengan kasino buat yang hendak menguji peruntungan. Hal itu bikin tempat ini sampai disebut-sebut sebagai 'Las Vegas-nya Eropa'.

Serbia pun merupakan destinasi yang tak kalah ciamik. Sarat peninggalan bersejarah, terutama bangunan, dari era Romawi, Byzantine, Ottoman hingga era komunis.

Menariknya lagi, Serbia juga cukup direkomendasikan buat traveler muslim. Di kawasan Sandzak misalnya, terdapat banyak masyarakat Islam. Kota Novi Pazar pun bisa jadi rujukan untuk melihat Islam di Serbia.

Baca juga: Foto: Dua Negara Eropa yang Bebas Visa bagi Paspor Indonesia



Simak Video "Catat! Ini Daftar Negara Bebas Visa Bagi Turis Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA