Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 17:24 WIB

TRAVEL NEWS

Liburan Imlek di Kota Seribu Kuil, Serasa di Hong Kong!

Angga Laraspati
detikTravel
Ilustrasi imlek/Foto: Getty Images/Jeff J Mitchell
Ilustrasi imlek/Foto: Getty Images/Jeff J Mitchell
Jakarta - Terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, Kabupaten Singkawang menawarkan pengalaman perayaan Imlek yang berbeda dari yang lainnya. Kota yang bernama lain, San Khew Jong ini akan memberikan kamu kemeriahan dan keseruan saat Imlek.

Daerah yang berjuluk Kota Seribu Kuil ini memang sudah menjadi destinasi pilihan bagi para pelancong, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Kota yang memiliki etnis Tionghoa sebagai penduduk mayoritasnya ini setiap tahunnya selalu merayakan perayaan Tahun Baru Imlek, tak terkecuali untuk perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh tanggal 25 Januari mendatang.

Dikutip dari website resmi Pemerintah Kabupaten Singkawang, untuk perayaan Imlek dan Cap Gomeh tahun ini, kota Singkawang akan memberikan berbagai atraksi yang menarik. Salah satunya adalah atraksi naga yang sudah lama menjadi simbol selama perayaan Imlek dan Cap Gomeh di Kota Singkawang.



Untuk Perayaan Imlek tahun ini kota Singkawang akan diramaikan dengan atraksi 3 (tiga) naga yang akan meramaikan perayaan tahun tikus logam tersebut. Bagi masyarakat Tionghoa sendiri atraksi Naga dan tarian Barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek memiliki makna bahwa hal tersebut akan membawa keberuntungan dan kebaikan, karena adanya berkah yang dimiliki oleh sang naga.

Singkawang juga memiliki berbagai tempat wisata yang bertemakan Tionghoa, salah satunya adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang sudah berdiri sejak tahun 1878. Ini adalah Vihara tertua di Singkawang. Pada zaman dahulu, vihara ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan orang-orang Tionghoa yang ingin menambang emas di Monterado.

Tempat wisata lainnya yang ada di kota ini adalah Pasar Hong Kong, pasar ini dinamakan Pasar Hong Kong karena kemiripannya dengan Hong Kong, baik itu karena orang-orang yang berjualan didominasi oleh etnis keturunan China hingga makanan-makanan yang dijajakan pun kebanyakan khas Tionghoa.

Selain itu kota ini juga dikenal dengan kerajinan keramik naga, sehingga kamu pun akan sering melihat kerajinan naga di sekitarmu. Bahkan terdapat sebuah kerajinan naga yang ada di salah satu sudut kota ini, yang akan menambahkan budaya China yang sangat kental pada kota ini.


Buat kamu yang ingin berpergian ke kota ini, ada baiknya kamu mempersiapkan segalanya mulai dari sekarang. Mengingat Imlek yang sebentar lagi akan datang. Biar liburan Imlek kamu ke Kota Singkawang nggak gitu-gitu aja, ada baiknya kamu langsung upgrade liburan kamu dengan Grab Travel Pass.

Grab bekerja sama dengan Agoda yang merupakan salah satu platform reservasi online untuk perjalanan yang menyediakan lebih dari 2 juta properti akomodasi di 200 negara di seluruh dunia. Selain itu, Grab juga menggandeng Klook yang merupakan platform pemesanan kegiatan dan layanan perjalanan yang memudahkan para traveler untuk menemukan dan memesan lebih dari 100.000 pilihan aktivitas liburan, tur, transportasi lokal, makanan khas dan pengalaman unik. Untuk promo kamu bisa cek langsung di aplikasi Grab. (prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA