Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Jan 2020 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Keraton Agung Sejagat Jadi Berkah Buat Tukang Parkir

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Purworejo - Keraton Agung Sejagat, kerajaan fiktif itu kini menjadi tempat wisata. Banyak wisatawan datang dan penasaran, lalu mendatangkan untung buat tukang parkir.

Keberadaan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Desa Pogung Juru Tengah, RT 03 RW 01, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menjadi berkah tersendiri bagi warga yang membuka jasa parkir dadakan. Dalam sehari, mereka mampu meraup Rp 500 ribu.

Salah satu petugas parkir di sekitar Keraton Agung Sejagat, Supoyo (60) menjelaskan, bahwa ia dan rekan-rekannya mulai membuka tempat parkir sejak hari Senin (13/1/2020). Mengingat, hari Jumat (10/1/2020) Keraton tersebut menggelar kirab dan menyedot banyak pengunjung.

"Mulai buka parkir ini dari kemarin Senin, tapi yang ramai pengunjungnya setelah Polda (Jateng) datang malam Rabu (Selasa 14/1/2020)," katanya saat ditemui di lokasi parkir, Desa Pogung Juru Tengah, Sabtu (18/1/2020).

Keraton Agung Sejagat Jadi Berkah Buat Tukang ParkirFoto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)


Menurut warga Desa Pogung Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ini, terdapat 3 titik parkir di sekitar Keraton Agung Sejagat. Jumlah tersebut sudah termasuk titik miliknya.

"Untuk pengunjung per hari banyak mas, yang jelas 1 titik parkir itu sehari bisa dapat Rp 500 ribu. Jadi kalau 3 titik bisa dapat Rp 1,5 juta, ya bisa dibilang dengan kejadian kemarin jadi berkah tersendiri untuk warga," ucapnya.



Supoyo menjelaskan, bahwa untuk tarif parkir motor ia patok Rp 2 ribu, dan untuk mobil Rp 5 ribu. Menyoal hingga kapan ia dan rekan-rekannya akan membuka jasa parkir, Supoyo mengaku belum mengetahuinya.

"Mungkin sampai olah TKP mas yang buka ini (tempat parkir). Kemarin saya tanya polisi kapan olah TKP-nya dia juga belum tahu," kata Supoyo.



Keraton Agung Sejagat Jadi Berkah Buat Tukang ParkirFoto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)




Terkait penamaan tempat parkir dengan 'Parkir Keraton Pogung', Supoyo mengaku hanya spontanitas saja. Mengingat Keraton Agung Sejagat berlokasi di Desa Pogung Juru Tengah.

"Dinamai Keraton Pogung karena tempatnya di (Desa) Pogung mas, jadi disebut tempat parkir kraton pogung. Tidak ada maksud khusus, hanya biar familiar saja," katanya.



Simak Video "Terungkap! Di Sini Seragam Keraton Agung Sejagat Dibuat"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA