Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jan 2020 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

Hewan-hewan Unik Sepekan: Ikan Berjalan hingga Penari Spanyol

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Axolotl (iStock)
Jakarta - Ada banyak hewan unik di dunia. Selama sepekan, hewan-hewan unik ini menyita perhatian traveler. Yuk, kenalan lagi dengan Ikan Berjalan hingga Penari Spanyol.

Selama sepekan, detikTravel mengajak traveler untuk berkenalan dengan hewan-hewan unik yang ada di berbagai belahan dunia. Dihimpun detikTravel, Minggu (19/1/2020), berikut hewan-hewan unik yang populer tersebut:

1. 'Ikan Berjalan', Sakti seperti Deadpool

Hewan-hewan Unik Sepekan: Ikan Berjalan hingga Penari SpanyolFoto: iStock


'Ikan Berjalan' dari Meksiko, itulah julukan dari hewan unik ini. Nama aslinya adalah axolotl (Ambystoma mexicanum). Makhluk ini merupakan sejenis salamander aquatik yang bernapas dengan insang.

Yang unik dari axoltl adalah mereka mempunyai kemampuan regenerasi bagaikan Deadpool. Ia mampu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sampai menumbuhkan lagi organ tersebut.

Para ilmuwan dibuat terpukau dengan kemampuan regenerasi hewan tersebut. Sebagai contoh, ada axolotl wajahnya sempat hilang akibat terkena infeksi jamur. Tapi hanya dalam rentang 2 bulan, hewan itu berhasil menumbuhkan mata yang berfungsi normal seperti sediakala.



2. 'Penari Spanyol', Cantik Tapi Beracun

Ditemukan sesosok makhluk laut cantik berwarna gradasi merah dan putih. Makhluk ini terdampar di pesisir pantai Australia, tepatnya di dekat muara Sungai Elliot di negara bagian Queensland.

Inilah makhluk laut cantik yang dikenal sebagai The Spanish Dancer alias 'Penari Spanyol'. Nama latinnya Hexabranchus sanguineus. The Spanish Dancer ini masuk ke dalam kelompok nudibranchia, atau siput laut.

Hewan-hewan Unik Sepekan: Ikan Berjalan hingga Penari SpanyolFoto: iStock


Meski cantik dan gemulai, tapi sebenarnya biota laut ini punya racun yang cukup mematikan untuk para predator. Tak hanya tubuh, telur dari siput laut ini juga mengandung racun. Di dunia hewan, warna tubuh yang terang menandakan bahwa dirinya memiliki racun dan tidak layak untuk dikonsumsi.


3. 'Setan Merah' dari Papua

Menghuni Danau Sentani, inilah ikan red devil atau setan merah, mirip julukan klub sepakbola Manchester United. Meski namanya terdengar menyeramkan, tapi wujud ikan ini tidak seseram namanya.

Karena sebenarnya ikan red devil ini adalah ikan louhan. Nama latin ikan ini adalah Amphilophus labiatus. Red devil adalah jenis ikan karnivora. Mereka mengonsumsi telur ikan lain, serangga, cacing, udang dan ikan kecil.

Ikan red devil ini merupakan ikan teritorial. Ia agresif dan tidak takut dengan ikan lain. Tapi fakta unik lainnya adalah, ikan red devil setia dengan pasangan.


4. Cenderawasih, Burung Surga yang Tak Punya Kaki

Hewan-hewan Unik Sepekan: Ikan Berjalan hingga Penari SpanyolFoto: Dok Taman Safari Indonesia

Masyarakat Papua percaya bahwa Cenderawasih adalah burung dari Surga. Setelah menetas, burung cendrawasih dipercaya akan terbang menuju matahari. Inilah mengapa burung-burung ini memiliki bulu yang indah.

Karena hanya terlihat saat terbang, dahulu orang-orang Eropa di Papua percaya bahwa burung cenderawasih tidak menyentuh bumi. Bapak taksonomi dunia, Carl Linnaeus sampai mengidentifikasi cenderawasih sebagai burung surga tanpa kaki.

Linnaeus mengkelaskan burung cenderawasih dengan nama latin Paradisaea Apoda. Paradisaea artinya surga, sedangkan apoda adalah tanpa kaki.


5. Kapibara Lucu di Osaka

Dia adalah hewan pengerat khas dari benua Amerika. Meski termasuk hewan pengerat, tapi dia bukanlah sejenis tikus, karena badannya sangat besar. Dia adalah Kapibara.

Kapibara jantan mempunyai berat 35 sampai 65 kg dan kapibara betina beratnya 36 sampai 66 kg. Tubuh kapibara sangat besar tetapi tubuhnya yang pendek dan gemuk mempunyai panjang 105 sampai 135 cm dan tinggi 51 sampai 61 cm dari bahu.

Hewan-hewan Unik Sepekan: Ikan Berjalan hingga Penari SpanyolFoto: Feni Novida Saragih/d'Traveler


Kapibara merupakan hewan semi-aquatik, jadi jangan heran kalau di jarinya terdapat selaput. Traveler sedang liburan ke Jepang, apalagi sedang di Osaka, bisa datang ke Kaiyukan Aquarium untuk berjumpa dengan Kapibara lucu ini.



Simak Video "Uniknya Bebek Berkaki Empat, Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA