Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 19 Jan 2020 22:15 WIB

TRAVEL NEWS

Turis BAB Sembarangan di Machu Picchu Dilarang Masuk Peru 15 Tahun

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Turis ditangkap atas dugaan merusak kuil dan buang air besar di Machu Picchu. (Foto: iStock)
Lima - Turis yang sempat diduga rusak kuil dan buang air besar di Machu Picchu akhirnya tak boleh masuk Peru selama 15 tahun. Ada juga yang terancam 4 tahun penjara.

Traveler masih ingat dengan kasus 6 turis yang diduga merusak kuil dan buang air besar di Machu Picchu? Berdasarkan laporan dari Channel News Asia, lima dari enam turis telah dideportasi ke Bolivia pada Kamis (16/1) lalu.

Kelima turis yang dideportasi merupakan 3 laki-laki dan 2 perempuan asal Brasil, Chile, dan Prancis berusia antara 20-32 tahun. Mereka diturunkan di Desaguadero, Bolivia tepatnya di tepi Danau Titicaca yang merupakan tujuan wisata populer.

Tak hanya dideportasi, kelima turis ini juga dilarang masuk Peru selama 15 tahun.

"Hukuman maksimal dengan pengusiran dan larangan masuk untuk jangka waktu 15 tahun," kata pihak imigrasi Peru.


Sementara itu seorang turis asal Argentina, Nahuel Gomez (28) dilarang meninggalkan kota kecil tempat Machu Picchu setelah mengakui perbuatannya merusak bagian Temple of The Sun di area yang suci bagi orang Inca.
Temple of The Sun adalah area suci di Machu Picchu.Temple of The Sun adalah area suci di Machu Picchu. (Foto: iStock)

Gomez mengaku bahwa dirinya membuat lempengan batu pada dinding kuil itu jatuh. Batu itu terkelupas dari dinding dan jatuh ke lantai yang menyebabkan lantai kuil retak.



Dia harus datang ke pengadilan setempat setiap 10 hari sambil menunggu persidangan. Ia nantinya akan menghadapi persidangan dengan ancaman penjara selama 4 tahun.

Kompleks Machu Picchu merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang memiliki fungsi penting bagi peradaban Inca. Kompleks ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu wilayah pertanian, perumahan, upacara keagamaan.

Kawasan Temple of The Sun yang dirusak turis tersebut merupakan tempat persembahan pada matahari yang dianggap sebagai dewa paling penting bagi masyarakat Inca.

Simak Video "3 Bulan Disandera Pemberontak Kolombia, 2 Turis Akhirnya Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA