Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Jan 2020 18:46 WIB

TRAVEL NEWS

Pintu Masuk Candi Borobudur Akan Diperlebar Jadi 22 Meter

Eko Susanto
detikTravel
Ilustrasi Candi Borobudur (iStock)
Magelang - Kemegahan Candi Borobudur nantinya akan terlihat dari kejauhan. Hal ini seiring dengan akan dibangunnya pintu masuk timur atau concourse candi selebar 22 m.

Rencana pembangunan pintu masuk timur tersebut untuk saat ini memasuki tahap lelang. General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, proyek pelebaran concourse yang memiliki lebar 22 meter tersebut akan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR akan dikerjakan awal tahun 2020.

"Tahap awal persiapan sudah dilakukan TWC (Taman Wisata Candi). Sudah proses lelang, kemudian perkiraan dimulai sekitar Maret," kata Putu saat dihubungi detikcom, Selasa (21/1/2020).


Pelebaran pintu masuk tersebut sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan di Borobudur pada bulan Agustus 2019. Diharapkan dengan dilebarkan tersebut, nantinya kemegahan Candi Borobudur bisa dilihat dari luar.

"Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Borobudur pada tanggal 31 Agustus, lalu. Beliau menyampaikan di ratas itu bahwa destinasi Borobudur akan dijadikan Bali ke-2, destinasi super prioritas. Di mana ada arahan beliau untuk dilebarkan terutama pintu masuk timur akan dilebarkan kurang lebih 22 meter nantinya," katanya.

Putu berharap, pintu masuk yang diperlebar 22 meter tersebut, nantinya bisa mulai dinikmati wisatawan pada akhir tahun 2020 ini.

"Kalau sekarang dari maingate kan belok ke selatan, nantinya setelah diperlebar langsung bisa melihat kemegahan candi. Harapannya, akhir tahun ini sudah bisa dinikmati wisatawan," tuturnya.

Selain itu, nantinya di kompleks candi terutama kawasan Andong Road akan diperlebar. Hal ini sejalan dengan adanya agenda tahunan Borobudur Marathon.

"Dengan harapan akses pelari yang akan start bisa leluasa tidak sesempit sekarang," ujarnya.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA