Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Anjing Hutan Lari ke Landasan, Pesawat Tunda Pendaratan

Putu Intan
detikTravel
Seekor coyote alias anjing hutan masuk ke landasan pacu Bandara Arizona sehingga penerbangan terganggu. (Foto: iStock)
Arizona -

Ini kisah jadwal penerbangan yang terhambat akibat satwa. Kali ini ada coyote (sejenis anjing liar) yang bikin sejumlah pesawat di bandara menunda pendaratan.

Traveler yang hobi nonton film kartun mungkin tak asing dengan coyote. Satwa yang masih berkerabat dekat dengan serigala abu-abu ini kerap digambarkan sebagai tokoh yang usil atau gemar bikin masalah. Nah, ternyata apa yang digambarkan di kartun itu juga terjadi di dunia nyata.

Dilansir dari Fox News, Kamis (23/1/2020), seekor coyote telah masuk ke area landasan pacu di lapangan terbang Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor (PHX) di Arizona. Akibatnya, tiga pesawat yang akan mendarat di sana harus berputar-putar dulu.


Peristiwa yang terjadi pada Senin (19/1/2020) pagi itu telah dikonfirmasi oleh pihak bandara. Mereka juga segera mengatasi masalah tersebut.

"Staf lapangan terbang dapat membujuknya ke gerbang di mana ia keluar menuju dasar sungai yang sebagian besar berbatasan dengan Phoenix Sky Harbor di selatan," kata juru PHX.

Koyote banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara.Coyote banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara. (Foto: iStock)


Juru bicara itu juga mengatakan bahwa secara umum, operasi bandara tidak terpengaruh. Sembari staf bandara memastikan landasan pacu steril, tiga pesawat harus mengitari landasan pacu untuk beberapa saat. Setelah itu bandara kembali beroperasi secara normal.

Masuknya coyote ke landasan pacu mungkin terlihat tak biasa namun sebenarnya hal ini wajar terjadi di wilayah Phoenix bahkan beberapa kota lain di Arizona. Hal ini karena habitat coyote yang ada di sana.

Selain coyote, bandara-bandara lain juga pernah mengalami kasus serupa dimana satwa liar masuk ke area bandara. Misalnya, anjing laut seberat 450 pon pernah membuat penerbangan tertunda di Bandara Memorial Wiley Post-Will Rogers di Utqiagvik, Alaska, pada 2017.


Demikian pula pada 2018 lalu, ada buaya berkeliaran di landasan pacu Bandara Internasional Orlando sehingga menghalangi penerbangan Spirit Airlines.

Satwa liar juga dapat secara langsung mengganggu penerbangan seperti merpati yang menyelinap dalam penerbangan di Bandara Internasional Sheremetyevo di Moskow atau burung hantu yang memutuskan untuk tidur siang di dalam mesin pesawat Virgin Australia. Untungnya, baik satwa maupun penumpang tidak terluka.

Staf penerbangan biasanya akan memastikan apakah ada satwa liar yang mengganggu dan menggiringnya menjauh dari mesin dan landasan pacu.




Simak Video "Petugas Keamanan Bandara Tewas Ditembak"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA