Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Jan 2020 13:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ramai Virus Corona, Bali Cek Status Kesehatan Turis

Bonauli
detikTravel
Bali turut mengantisipasi virus Corona. (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Badung -

Virus corona atau coronavirus sedang ramai dibicarakan di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Di Bali, ada pengecekan kesehatan bagi turis yang datang.

China dan Amerika Serikat terjangkit dengan virus corona. Virus ini diketahui menyebar dengan cara kegiatan traveling antar negara.

Berbagai negara mulai melakukan meningkatkan keamanan di bandara, Indonesia pun siap siaga. Dari rilis yang diterima detikcom, Jumat (24/1/2020), Pemda Bali pun ikut ambil aksi.

Dalam surat penyataan resmi, Pemda Bali mengumumkan telah menempatkan alat body thermal scanner di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Ramai Virus Corona, Bali Cek Status Kesehatan TurisFoto: (dok Istimewa)


Terkait dengan adanya penyebaran virus, tiap instansi pemerintah, klinik, dan rumah sakit diminta meningkatkan kesadaran akan virus corona. Berbagai peralatan medis dan karantina akan diberikan kepada orang yang terjangkit corona.

Tiap turis yang datang lewat bandara akan diminta untuk mengecek kesehatan jika diminta oleh petugas. Tanda-tanda seperti deman tinggi, batuk dan sesak napas adalah yang paling umum terlihat.


Corona sendiri adalah keluarga virus yang menyerang hewan seperti unta, kucing dan kelelawar. Namun beberapa rentan untuk menular ke manusia, contohnya saja SARS (Severe Acute Resporatory Syndrome), MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan flu unta.

Meski terlihat seperti flu biasa, namun corona sangat berbahaya bagi tubuh yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Jika sudah memburuk, corona bisa menyebabkan gagal pernapasan sampai gagal ginjal.

Tak ayal, sudah ada 500 orang yang positif terkena virus ini. Dari jumlah tersebut 17 di antaranya meninggal di China.

Untuk kamu yang mau traveling ke China diharapkan untuk berhati-hati, apalagi jika mendekati Kota Wuhan. Pemeriksaan ketat juga dilakukan oleh pihak imigrasi China dan Amerika Serikat terkait dengan meningkatnya jumlah penderita corona.



Simak Video "China Jemput Warganya dari Bali, Awak Pesawat Tidak Turun"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA