Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Jan 2020 20:30 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Terdeteksi Virus Corona, 173 Turis China di Solo Sudah Pulang

Bayu Ardi Isnanto
detikTravel
Turis China di Solo
Turis China di Solo sudah pulang ke negaranya. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Seratusan turis China yang berwisata di Solo sudah pulang ke negaranya. Lewat pemeriksaan suhu tubuh, mereka dinyatakan tidak terindikasi kena virus corona.

Airport Operation and Safety Senior Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Goentoro, mengatakan rombongan ini merupakan kloter terakhir turis Cina yang ada di Solo. Sebanyak 173 turis berada dalam rombongan tersebut.

"Hari ini adalah pemulangan wisatawan ke Kunming. Ini merupakan kloter terakhir, yang minggu lalu datang ke sini sejumlah 173 wisatawan," kata Goentoro di Bandara Adi Soemarmo, Rabu (29/1/2020).

Terlihat para turis tiba di bandara menggunakan dua bus pariwisata sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka lalu masuk melewati pintu keberangkatan.

Tak Terdeteksi Virus Corona, 173 Turis Cina di Solo Sudah PulangTuris China di Solo sudah pulang ke negaranya. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Goentoro mengatakan para turis telah diperiksa suhu tubuhnya. Tidak ada indikasi yang mengarah ke gejala virus corona.

"Tadi sudah diperiksa oleh petugas, tidak ada yang suhu tubuhnya melebihi 38,5 derajat Celcius. Tidak ada yang terindikasi virus corona," ujar dia.

Selain itu, pesawat Citilink yang mereka carter juga telah dilakukan proses pemberian disinfektan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus berbahaya.

"Pesawat sudah dilakukan disinfektan oleh KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan)," ujarnya.

Goentoro memastikan Bandara Adi Soemarmo tidak lagi menerima penerbangan dari China untuk sementara waktu. Pihaknya menunggu sampai kondisi di Negeri Tirai Bambu membaik.

"Setelah ini, wisatawan dari dan ke Kunming untuk sementara dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," pungkasnya.



Simak Video "Ramai Protes #TolakSementaraTurisChina Terkait Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA