Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Feb 2020 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Kasus Suap, Tony Fernandes Mundur Sementara dari AirAsia

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Kantor AirAsia digeledah, bos Tony Fernandes diselidiki terkait dugaan korupsi
Tony Fernandes (Foto: BBC Magazine)
Kuala Lumpur -

Direktur Eksekutif AirAsia Tony Fernandes dan Kamarudin Meranun melepaskan sementara jabatan mereka sebagai eksekutif di maskapai tersebut selama dua bulan.

Mengutip CNNIndonesia, keduanya mundur sementara dengan dugaan Airbus memberikan suap sebesar US$50 juta untuk mengamankan pesanan pesawat. Pekan lalu, Airbus mengatakan telah sepakat untuk menyisihkan 3,6 miliar euro untuk menyelesaikan penyelidikan korupsi oleh pihak berwenang di Perancis, Inggris dan Amerika Serikat.

Ketika berita penyelidikan meluas, AirAsia yang berbasis di Malaysia turut 'terseret' dalam penyelidikan suap oleh Kantor Penipuan Serius Inggris (SFO), yang diduga melibatkan dua eksekutif perusahaan.

Dikutip dari AFP, kedua pimpinan tersebut harus mundur untuk jangka waktu dua bulan hingga periode yang belum ditentukan. Dewan maskapai membentuk komite untuk mengkaji dugaan, yang menyatakan bahwa Kamarudin dan Fernandes akan diletakan sebagai penasihat perusahaan dan dirancang ulang sebagai anggota dewan non-eksekutif non-independen.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA