Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Feb 2020 11:10 WIB

TRAVEL NEWS

Nicholas Saputra Bikin Orang Sadar Lingkungan Lewat Film 'Semes7a'

Hestianingsih
detikTravel
Nicholas Saputra
Nicholas Saputra (Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcom)
Jakarta -

Menjaga bumi adalah tanggung jawab setiap umat manusia tanpa terkecuali. Namun perilaku manusia juga lah yang membuat keberlangsungan bumi terancam.

Mengajak orang untuk mengubah perilaku lebih ramah lingkungan bukanlah hal mudah karena kesadaran itu harus datang dari diri sendiri. Maka pendekatan yang lebih kasual pun perlu dilakukan. Bukan dengan sikap menggurui ataupun menghakimi.

Dasar itulah yang membuat Nicholas Saputra, Mandy Marahim dan Chairun Nissa membuat film dokumenter 'Semes7a'. Lewat film berdurasi 88 menit ini, ketiganya mengangkat tujuh sosok inspiratif dari tujuh provinsi di Indonesia, tentang bagaimana mereka menjaga lingkungan dengan pendekatan agama masing-masing.

"Awal bikin film ini karena merasa ada missing link antara manusia dan alam. Jadi suatu hal yang cukup mengkhawatirkan bagaimana manusia di kota besar terlalu terpisah dengan alam," kata Nicholas Saputra, saat pemutaran film 'Semes7a' di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

Lebih lanjut aktor 35 tahun ini menuturkan bahwa manusia di kota-kota besar punya pengaruh besar terhadap perubahan iklim dan situasi lingkungan yang terjadi saat ini. Oleh sebab itu pendekatan lewat film dokumenter yang saat ini tayang di Jakarta dan Yogyakarta diharapkan dapat membuka mata masyarakat urban agar lebih peduli lingkungan.

"Kita itu bagian yang menjadi satu dengan alam. Kita sudah mengeksploitasi tapi juga harus imbang memberikan kontribusi untuk memperbaiki alam. Ini adalah suatu isu yang sangat penting dan sangat urgent yang harus dibicarakan mulai dari sekarang," ujar bintang film 'Ada Apa Dengan Cinta?' ini.

Lewat film 'Semes7a' Nicholas Saputra dan rekannya sesama produser, Mandy Marahim, ingin meningkatkan kesadaran manusia terhadap lingkungan dengan pendekatan berbeda. Seperti diketahui film dokumenter memiliki tantangan tersendiri untuk bisa dinikmati penonton.

"Kami sangat concern dengan alam tapi juga merasa harus mulai mencolek orang dari angle berbeda yakni dengan mengangkat agama, kepercayaan dan budaya masing-masing. Indonesia masyarakatnya taat beragama dan di semua agama seluruh dunia mengajarkan untuk melestarikan alam," jelas Mandy.

Film 'Semes7a' tayang di beberapa bioskop terpilih di Tanah Air mulai pekan lalu. Di Jakarta sendiri sudah bisa disaksikan di bioskop jaringan Cinema 21 Blok M Plaza, Kemang Village, Metropole, Plaza Senayan, Pondok Indah 1 dan Setiabudi XX1.



Simak Video "Usai Iqbaal, Nicholas Saputra Jadi Target Kiky Saputri Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA