Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Feb 2020 21:47 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online untuk Persiapan Libur Lebaran

Lusiana Mustinda
detikTravel
KAI Access
Cara pesan tiket kereta api lewat hp. Foto: KAI
Jakarta -

Jika ingin mudik menggunakan kereta api sebaiknya sudah dijadwalkan sejak awal. Cara pesan tiket kereta api pun dapat kamu lakukan secara online. Bagaimana caranya?

Cara pesan tiket kereta api untuk Lebaran tahun 2020 semakin mudah. Salah satunya tiket dapat dipesan melalui KAI Access yang bisa di download gratis di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

KAI Acess ini merupakan aplikasi resmi dari PT. Kereta Api Indonesia yang sudah dirilis sejak tahun 2013. Tanpa perlu antre beli tiket, kamu bisa memesan tiket kereta api maksimal hingga 3 bulan sebelum keberangkatan.

Dengan aplikasi ini pengguna juga dapat melakukan pembatalan apabila dikhawatirkan tidak jadi atau pun pembatalan perjalanan.

Berikut ini cara pesan tiket kereta api lewat hp dengan aplikasi KAI Access:

1. Cara pesen Tiket Kereta Api Mulai dari Buat Akun Lebih Dulu

Setelah mengunduh aplikasi KAI Access di Playstore atau App Store di smartphone. Setelah itu masukkan data diri untuk mendaftarkan akun. Siapkan e-KTP atau identitas kamu untuk mendaftar akun di aplikasi KAI Access.

Isi beberapa hal yang diminta di aplikasi mengenai data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan akhiri dengan kata sandi akun yang kamu buat.

Cara pesan tiket kereta api.Cara pesan tiket kereta api. Foto: Hasan Alhabshy

2. Pilih Jenis Kereta

Setelah memiliki akun, selanjutnya kamu dapat memilih jenis kereta api yang diinginkan. Ada kereta api jarak jauh (Intercity Train) dan kereta api lokal (Local Train). Kamu juga harus memperhatikan jadwal keberangkatan kereta api sesuai dengan tanggal yang kamu inginkan.

3. Pilih Stasiun Awal dan Stasiun Tujuan

Kamu dapat memilih stasiun awal dan stasiun tujuan dengan jadwal keberangkatan dan jumlah penumpang. Dengan aplikasi ini kamu dapat memesan tiket kereta maksimal hingga 4 orang, dewasa atau bayi.

Jangan sampai salah memasukkan stasiun awal dan stasiun tujuan ya.

4. Pilih Kereta Api

Pilihlah kereta api mana yang sesuai stasiun asal dan stasiun tujuan. Di halaman ini akan tertera beberapa informasi seperti harga dan lamanya jarak tempuh.

Cara pesan tiket kereta api lewat hp.Cara pesan tiket kereta api lewat hp. Foto: Dok KAI

5. Konfirmasi Pemesanan

Di tahapan ini, kamu akan mendapati rangkuman secara detail dari pemesanan yang sudah kamu lakukan. Kemudian tinggal memberikan tanda centang pada syarat dan ketentuan yang tercantum di dalam layar aplikasi.

6. Isi Data Diri Penumpang

Isi data diri penumpang jika data penumpang dan pemesan berbeda. Akan tetapi jika data penumpang dan pemesan sama, kamu tinggal mencentang kolom sama dengan pemesan.

Cara pesan tiket kereta api.Cara pesan tiket kereta api. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

7. Membayar Tiket

Setelah semua langkahnya dikerjakan, yang terakhir adalah melakukan pembayaran tiket kereta api yang sudah dipesan. Untuk pembayaran kereta api jarak jauh bisa dilakukan dengan berbagai jenis pembayaran. Bisa melalui gerai retail, kartu kredit, ATM atau mobile banking, internet banking hingga Link Aja.

Sehabis itu, kamu akan mendapatkan kode booking yang nantinya bisa digunakan sebagai boarding pass. Ini adalah pengganti tiket yang dapat dicetak melalui check in counter yang tersedia di stasiun. Bagi kamu yang melakukan reservasi tiket menggunakan KAI Access, maka kamu bisa mengunduhnya dua jam sebelum keberangkatan kereta api.



Simak Video "H-1 Lebaran, Ribuan Kendaraan Diminta Putar Balik di GT Cikarang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA