Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Feb 2020 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Penumpang Kapal Karantina Corona, Nonton Oscars Agar Tak Bosan

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Ribuan penumpang dan kru kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina. Hal itu dilakukan usai bertambahnya puluhan orang yang dinyatakan positif virus corona
Penumpang kapal pesiar Diamond Princess telah hampir seminggu dikarantina. (Foto: Getty Images/Carl Court)
Yokohama -

Perhelatan Academy Awards atau Oscars pada Senin (10/2/2020) lalu rupanya menyedot perhatian berbagai kalangan, tak terkecuali para penumpang kapal Diamond Princess yang sedang dikarantina di Yokohama akibat virus Corona.

Dilansir Japan Times, Selasa (11/2/2020) penumpang di dalam kapal pesiar itu menyaksikan siaran langsung penghargaan perfilman itu untuk mengusir kebosanan dan kecemasan karena hampir berhari-hari mendekam di kapal pesiar tersebut.

Salah satu penumpang bernama Aun Na Tan mengatakan ia sudah bertahun-tahun tak menonton Oscars.

"Normalnya acara ini disiarkan saat jam kerja, tetapi sekarang kami punya waktu untuk menontonnya," katanya.

Aktivitas penumpang kapal Diamond Princess.Aktivitas penumpang kapal Diamond Princess. (Foto: Getty Images)

Seorang penumpang asal Hong Kong yang dikarantina bersama istri, anak, dan anggota keluarga lainnya juga bersemangat menonton siaran itu.

"Kami mendukung Parasite," ujar penumpang dari Hong Kong itu seperti diwartakan Reuters.

"Kami juga membuat origami, kapal ini memberikan video instruksi. Kami melakukan beberapa latihan,"dia menambahkan.

Bagi penumpang, bisa keluar dari kapal amat melegakan sekalipun beberapa dari mereka dirawat di rumah sakit.

"Kami merasa lebih nyaman daripada tinggal di dalam kapal," kata seorang penumpang, Clyde Smith (80) yang positif terjangkit virus Corona.

"Kondisi kami baik dan sekarang kami bisa memandangi Gunung Fuji dari balik jendela rumah sakit," kata istri Smith, Renee (80).

Kedua penumpang ini merasa tak khawatir akan kesehatan mereka karena mereka tak menunjukkan gejala terjangkit Corona sekalipun mereka dinyatakan positif terinfeksi virus tersebut.

Sampai hari Senin lalu setidaknya telah ditemukan 136 penumpang yang positif terjangkit Corona. Sementara itu, penumpang lainnya masih menunggu giliran untuk diperiksa. Kapal itu sendiri mengangkut sekitar 3700 penumpang dan awak kapal.

Otoritas kesehatan Jepang mengatakan, karantina ini akan diperpanjang sampai 19 Februari 2020 mendatang. Masa karantina ini bisa jadi akan lebih panjang lagi bila nantinya terjadi sesuatu yang tak terduga. Hal ini juga didukung pernyataan WHO pada Minggu (8/2/2020) yang menjelaskan masa karantina diperpanjang jika perlu.

Menghadapi situasi ini, beberapa penumpang tampak berusaha kuat menjalani karantina dengan memesan makanan mewah dan bagi yang beruntung, bisa mondar-mandir di geladak menikmati udara segar. Mereka juga tampak meunggah foto-foto makanan mewah di media sosial sebagai isyarat bahwa mereka baik-baik saja.



Simak Video "Jepang Pastikan 10 Penumpang Kapal Pesiar Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA