Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Feb 2020 16:48 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Sigap Bencana yang Lebih Milenial

Syanti Mustika
detikTravel
Kepala BNPB Doni Monardo
Kepala BNPB, Syanti Mustika/detikcom
Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluncurkan sebuah platform untuk mengetahui bencana di suatu daerah. Konsepnya, memanfaatkan media sosial.

BNPB bekerjasama dengan Yayasan Peta Bencana untuk meluncurkan platform PetaBencana.id. Situs itu menyediakan layanan real time bencana sesuai laporan masyarakat.

"Kita sangat menyadari betapa pentingnya peran masyarakat dalam menanggapi bencana. Dengan adanya platform ini, kita berharap masyarakat bisa segera dan sigap mengambil keputusan untuk evakuasi tanpa menunggu petugas," ujar Kepala BNPB, Doni Monardo, dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Bencana-bencana yang bisa diketahui publik yaitu banjir, kebakaran hutan, gempa bumi, kabut, asap, erupsi gunung, dan angin kencang. Caranya, dengan berkabar di media sosial.

Bagaimana cara berpartisipasi dalam mengabarkan bencana hingga bermanfaat bagi orang lain? Caranya gampang, kamu bisa selfie, ambil foto, atau video lalu upload ke media sosial kamu.

Bagi pengguna Twitter bisa memberikan hastag (contoh #banjir, #gunungapi, #anginkencang) lalu tag akun @petabencana. Lalu cantumkan dalam postingan kamu selfie, foto atau video lengkap dengan caption dan langsung upload.

Begitu juga untuk pengguna Telegram bisa mengirimkan pesan ke @bencanabot dan pengguna Facebook silahkan kirim pesan ke @petabencana.id. Selain media sosial, kamu juga bisa berbagi cerita di aplikasi lokal seperti Pasang Mata.

Setelah kamu mengunggah ke sosial media atau aplikasi lokal, nantinya petabencana.id akan mengupdate lokasi kamu dengan memberikan link dan mencantumkannya dalam platform.

Mudah, kan?



Simak Video "Pemerintah: Beberapa Provinsi Mulai Terkendali, Kita Sarankan Relaksasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA