Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Feb 2020 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Siap-siap! Purworejo Gelar Festival Durian Sebentar Lagi

Rinto Heksantoro
detikTravel
durian
Foto: Rinto Heksantoro
Jakarta -

Merayakan hari jadi ke 189, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah menggelar Festival Durian. Pesta durian dilangsungkan tiga hari beruntun, siapa mau bergabung?

Pesta durian itu menjadi hajatan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Purworejo. Acara tersebut dilangsungkan di Jalan R.A.A Tjokronegoro atau tepatnya di sebelah utara alun-alun kota Purworejo.

Rangkaian Festival Durian itu terdiri dari gerebek durian, lelang durian, bazar durian, mini game durian hingga hiburan itu akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut dimulai pada hari Jumat (14/2/2020) hingga Minggu (16/2/2020).

Puluhan ribu buah durian yang telah disediakan oleh panitia akan membanjiri gelaran festival tersebut. Masyarakat pun bisa menikmati durian gratis saat gerebek durian digelar, atau bisa membeli langsung durian unggulan asli Purworejo yang dijajakan di stand yang telah disediakan.

Berbagai makanan atau minuman khas berbahan baku durian hingga bibit durian pun akan ikut meramaikan acara. Festival sendiri diikuti oleh peserta dari kecamatan-kecamatan penghasil durian unggul di Purworejo.

"Bukan hanya untuk edukasi tentang durian dan memperkenalkan Kecamatan penghasil durian, namun festival ini akan memberikan sensasi dan kesan tersendiri bagi masyarakat dengan menyajikan dan menampilkan durian-durian pilihan yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Dan tidak lupa, festival ini akan memberikan daya tarik lebih Kabupaten Purworejo bagi masyarakat khususnya para penikmat wisata kuliner," kata Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Purworejo, Wasit Diono, saat ditemui detikcom di katornya di Jl Mayjen Sutoyo No 29, Rabu (12/2/2020) petang.

Wasit menambahkan gerebek durian menjadi salah satu inti acara festival dengan aneka durian yang berasal dari kecamatan-kecamatan penghasil durian di Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini akan menampilkan iring-iringan gunungan durian yang nantinya akan diserahkan ke Bupati dan kemudian akan dibagikan ke masyarakat untuk dimakan bersama-sama.

"Gerebek durian ini akan dimulai dari dalam Pendopo Kabupaten Purworejo dengan urutan paling depan dari rombongan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan, kemudian diikuti oleh punggawa yang akan menggendong durian, lalu gunungan durian, dan terakhir petani durian yang ikut serta dalam Festival Durian ini dan keluar melalui pintu gerbang tengah Pendopo Kabupaten Purworejo, lalu berjalan ke arah timur melalui Jl. RAA Tjokronegoro sampai ke area belakang tenda VIP dengan gunungan durian ditaruh di depan gerbang Festival Durian," dia menjelaskan.

Tak hanya sebagai seremonial peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 189 saja, namun festival tersebut juga diharapkan bisa mengangkat nama Purworejo dalam bidang pariwisata sekaligus mensejah terahkan masyarakat. Dengan hasil produksi per tahun sekitar 3.000 ton buah durian, Purworejo menjadi sentra penghasil durian terbesar di wilayah Kedu Jateng.

"Tentunya ke depan Purworejo sebagai penghasil durian terbesar di Kedu bisa ikut menyejahterakan petani. Sesuai Visi Misi bupati yakni mewujudkan petani Purworejo sejahtera berbasis pertanian, pariwisata, industri dan perdagangan yang berwawasan budaya, lingkungan dan ekonomi kerakyatan. Jadi pertanian juga mendukung sektor pariwisata," lanjutnya.

Bagi masyarakat Purworejo dan sekitarnya, datanglah ke acara Festival Durian Purworejo dan nikmatilah durian sepuasnya. Belum lengkap rasanya berkunjung ke Purworejo tanpa mencicipi durian asli Purworejo.



Simak Video "Karnaval Gunungan Durian, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA