Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Feb 2020 20:07 WIB

TRAVEL NEWS

Wishnutama: Wisata Bali-Sulut-Batam-Bintan Kena Efek Virus Corona

Rahel Narda Chaterine
detikTravel
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (5/2/2020).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengakui adanya penurunan jumlah wisatawan ke Indonesia gara-gara wabah virus Corona. Dia mengungkapkan beberapa daerah yang terkena dampaknya.

"Pasti Bali. Di Sulawesi Utara, Batam, Bintan. Itu pasti terasa," ujarnya di Jakarta.

"(Penurunannya) Ya pasti signifikan lah ya karena kan dari China juga banyak sendiri. Belum lagi tren secara umum secara psikologis menurun gitu ya. Jadi kita berusaha meningkatkan. Pertama wisatawan nusantara. Kita akan buatkan diskon. Kita akan buatkan insentif dan sebagainya. Tapi itu masih dalam pembahasan lebih detailnya bagaimana," ujarnya.

Untuk diskon liburan buat wisatawan Indonesia, Wishnutama mengatakan pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Menteri Perhubungan, Menteri Keuangan dan Menteri BUMN. Dia menjanjikan secepatnya akan segera diumumkan soal kebijakan di sektor pariwisata untuk mengatasi virus Corona ini.

"Kita mencoba melihat potensi-potensi lain termasuk insentif diskon dan sebagainya kita lihat dari perspektif yang lebih komprehensif lah agar tidak separuh-paruh menyelesaikannya," ujarnya.

Untuk wisatawan asing, pemerintah tetap mempersilakan wisatawan datang ke Indonesia karena Indonesia masih aman dari virus Corona. Meski demikian pemerintah tetap waspada. "Jadi untuk mendeteksi meningkatkan kewaspadaan tetap perlu. Kita kan harus jaga bangsa ini agar terjaga daripada virus Corona itu. Tapi kalau wisatawan datang monggo silakan sebanyak-banyaknya. Dan kita tahu sendiri kan kalau di kita kan aman," ujarnya.



Simak Video "Wishnutama Bidik Sejumlah Hotel untuk Jadi Sarana Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA