Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Feb 2020 13:52 WIB

TRAVEL NEWS

Aneka Maskapai Dalam Negeri yang Punya Rute ke Tanah Suci

Ilustrasi Garuda Indonesia
Ilustrasi Garuda Indonesia (Shinta/detikTravel)
Jakarta -

Baru-baru ini tengah ramai isu penyetopan Umroh oleh Arab Saudi. Di dalam negeri, ada sejumlah maskapai yang punya rute ke Tanah Suci.

Arab Saudi melarang kunjungan warga negara asing untuk memasuki wilayahnya sementara waktu karena penyebaran virus Corona (COVID-19). Tak hanya melarang kunjungan dalam rangka ibadah umrah melalui penghentian visa umroh, Saudi juga menghentikan sementara kunjungan ke Masjid Nabawi, Madinah.

"Menghentikan sementara warganegara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umroh dan mengunjungi Masjid Nabawi," demikian rilis dari Kemlu Arab Saudi yang diterima detikcom setelah diterjemahkan Dubes RI Agus Maftuh Abegebriel, Kamis (27/2).

Sementara dari pihak Kerajaan Arab Saudi, menyatakan melalui Kementerian Luar Negerinya bahwa keputusan itu tidak bersifat permanen.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menegaskan bahwa langkah-langkah tersebut di atas adalah sementara, dan penerapannya akan terus dievaluasi oleh lembaga-lembaga kompeten yang terkait," dalam pernyataan resminya.

Sedangkan dari dalam negeri, kebijakan Arab Saudi itu tentu berdampak pada sejumlah maskapai nasional. Faktanya, ada sejumlah maskapai dalam negeri yang punya rute ke Tanah Suci.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020), setidaknya ada tiga maskapai dalam negeri yang punya rute ke Madinah dan Jeddah. Berikut tiga maskapai tersebut:

1. Lion Air

Berdasarkan press release resminya beberapa waktu lalu, Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang M. Prihantoro menyatakan bahwa pihaknya memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci dengan tujuan Madinah dan Jeddah.

"Kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan dukungan dari regulator, pengelola bandara, pengatur lalu lintas udara, mitra, pihak terkait, kru pesawat, dan seluruh karyawan. Semoga penyelenggaraan umrah pada 11 kota ini berjalan lancar," katanya dalam siaran pers, Minggu (29/9/2019).

Sebelas kota itu antara lain Medan (Bandara Kuala Namu), Padang (Bandara Minangkabau), Pekanbaru (Bandara Sultan Syarif Kasim II), Batam (Bandara Hang Nadim), Palembang (Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II), dan Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta).

Solo (Bandara Adi Sumarmo), Surabaya (Bandara Juanda), Balikpapan (Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan), Banjarmasin (Bandara Syamduddin Noor), dan Makassar (Bandara Sultan Hasanuddin).

Adapun hingga saat ini, Lion Air mengatakan pihaknya tak terpengaruh akan penyetopan arus jemaah umroh ke Arab Saudi. Maskapai ini tetap beroperasi ke Tanah Suci seperti biasa.

"Lion Air hingga saat ini (27/ 02) masih mengoperasikan layanan penerbangan umroh atau belum mengalami pembatalan," dalam pernyataan resminya.

2. Garuda Indonesia

Sebagai maskapai plat merah, Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai nasional yang juga memiliki rute ke Makkah dan Madinah. Salah satunya adalah lewat rute Jakarta - Makkah dan Jakarta - Madinah.

Hanya berkenaan dengan kebijakan terbaru Arab Saudi, pihak Garuda Indonesia yang diwakili oleh Corporate Secretary Garuda Indonesia, Mitra Piranti DS, terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama. Mereka menunggu keputusan resmi yang diambil pemerintah.

"Sampai saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan Kemenag dan terkait dengan penerbangan Garuda ke Arab Saudi. Kami menunggu keputusan dari Kemenag," kata Mitra dalam sambungan telepon, Kamis (27/2/2020).

Adapun seperti dilihat detikcom di situs resmi Garuda, tiket ke Tanah Suci untuk bulan Maret masih tersedia. Estimasi harga tiketnya dimulai dari Rp 7 jutaan.

3. Citilink

Sebagai maskapai bujet anak Garuda Indonesia, maskapai Citilink juga memiliki sejumlah rute ke Tanah Suci. Beberapa di antaranya berangkat dari sejumlah kota besar di Indonesia seperti Solo, Surabaya dan Majalengka (Bandara Kertajati).

Hanya seperti dilihat dari situs resmi Citilink, masih tersedia penerbangan dari sejumlah kota besar itu ke Jeddah. Besok Sabtu (29/2) misalnya, ada penerbangan ke Jeddah dari Solo via transit Surabaya.

Selain itu, rute direct Surabaya-Jeddah juga tersedia di hari Minggu (1/3). Hanya saja, rute penerbangan itu diketahui telah full seat.



Simak Video "Eks Direktur Garuda Didakwa Terima Suap dan TPPU Pengadaan Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA