Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Mar 2020 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Daya Tarik Indonesia untuk Jadi Pariwisata Berkualitas

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Pulau Komodo 2019
Ecotourim menjadi daya tarik wisatawan yang dapat dikembangkan menjadi quality tourism (Foto: Masaul/detikcom)
Jakarta -

Dalam mengembangkan pariwisata berkualitas (quality tourism), Indonesia sebenarnya punya potensi besar. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani menyampaikan setidaknya ada 3 hal yang menjadi daya tarik Indonesia di mata wisatawan nusantara dan mancanegara.

Daya tarik pertama adalah dari wisata bahari. Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya dapat memanfaatkan destinasi pantai serta kekayaan spesies biota laut yang dapat dieksplorasi.

"Indonesia itu adalah negara yang memiliki garis pantai nomor 2 yaitu lebih dari 99 ribu km. Sehingga Indonesia itu kalau bicara quality tourism tentu pertama di wisata bahari,"katanya dalam diskusi Quality Tourist, Super Priority Destinations, Wonderful Indonesia yang diadakan oleh MarkPlus, Inc di Kasablanka, Jumat (28/2/2020).

Kedua adalah ecotourism yang berkaitan dengan taman nasional yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Diskusi quality tourismDiskusi quality tourism (Foto: Putu Intan Raka Cinti/detikcom)

"Ini sangat menarik dimana taman nasional kita itu juga banyak yang beririsan dengan gunung berapi. Di situ tidak hanya menyangkut flora dan faunanya tetapi juga dengan geologinya,"ungkapnya.

Selanjutnya adalah daya tarik budaya. Terkait dengan budaya, Hariyadi juga melihat potensi besar sebab dari Calendar of Events Indonesia, sekitar 50 persen merupakan atraksi budaya.

"Budaya kita ini sangat luar biasa dan bisa ditingkatkan kualitas presentasi, penyajiannya menjadi lebih baik," tutupnya.



Simak Video "Pariwisata RI Keok Akibat Corona, Jokowi: Tingkatkan Promosi!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA