Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Mar 2020 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Jokowi Mau Buat Rumah Sakit di Pulau Galang, Ini Kata Kadispar Kepri

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Vihara di Pulau Galang, Kepulauan Riau
Pulau Galang di Batam, Kepulauan Riau (Robert Adolf Izak/d'Traveler)
Batam -

Terkait virus Corona, Presiden Jokowi berencana untuk membangun rumah sakit di Pulau Galang. Kadispar Kepulauan Riau pun memberi tanggapan.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri rapat dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

"Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. ya RS khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru. Kalau ada case itu dibawa ke sana. Nanti Pak Menkes yang operasikan," tuturnya.

Basuki menjelaskan alasan pulau tersebut dipilih sebagai RS khusus virus Corona lantaran jauh dari keramaian publik. Selain itu aksesnya relatif mudah dengan adanya bandara di Batam.

Seperti diketahui, Pulau Galang merupakan satu dari tujun pulau yang disambungkan oleh Jembatan Barelang di Batam. Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Akses ke sana memang lebih mudah dari Pulau Sebaru atau Pulau Natuna.

Terkait hal itu, detikcom pun menghubungi Kadispar Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar via sambungan telepon. Ia pun disebut telah mengetahui perihal kabar tersebut.

"Kalau tanya rencana pak Jokowi kita gak tahu di Rempang, Galang atau Galang Barunya, paling di Galang baru. Apakah di seberangnya banyak pulau kosong, banyak, jadi kita gak tahu," ujar Buralimar.

Lebih lanjut, Buralimar mengatakan kalau hak pengelolaan Pulau Galang masih berada di pusat. Pun ada sejumlah masyarakat yang mendiami pulau tersebut.

"Sebagian itu didiami masyarakat. Kan pulau itu masih wewenang pusat, belum diserahkan ke Pemko atau ke PP. Pusat yang ngatur," ujar Buralimar.

Menyambut wacana Jokowi untuk membuat rumah sakit untuk keperluan virus Corona, Buralimar tidak ambil pusing. Namun, ia memberi saran soal penamaan bakal rumah sakit itu.

"Pada prinsipnya kalau rumah sakit itu nanti dibangun ya mungkin keren. Orang bisa serius berobat sambil wisata, bisa saja. Bukan rumah sakit itu saja (virus Corona), tapi secara keseluruhan. Mungkin spesialnya rumah sakit khusus, tapi jangan dibunyi rumah sakit Corona. Bawaannya ngeri. Rumah sakit khusus itu tanggapan saya, atau rumah sakit spesial, rumah sakit penderita virus," saran Buralimar.

Di kalangan traveler, nama Pulau Galang kerap jadi pilihan untuk pelesir dari Jembatan Barelang di Batam. Di sana masih dapat dijumpai bekas pemukiman pengungsi Vietnam dahulu serta punya banyak pantai indah yang masih perawan.



Simak Video "Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil Didor Usai Gasak Rp 200 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA