Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Mar 2020 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Cegah Virus Corona, Pesawat Garuda Indonesia 'Mandi' Disinfektan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Pesawat Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia (Afif/detikTravel)
Jakarta -

Tindakan pencegahan virus Corona dilakukan maskapai Garuda Indonesia. Pesawat mereka disemprot cairan disinfektan yang dilakukan petugas berseragam lengkap.

Maskapai Garuda Indonesia turut dalam upaya pencegahan virus Corona yang tengah mewabah di berbagai negara. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan pesawat mereka lewat kegiatan disinfeksi.


Ada beberapa jenis perawatan kebersihan pesawat yang dilakukan, termasuk disinfeksi (untuk memusnahkan virus, bakteri dan protozoa parasite). Selain itu, dilakukan juga Daily Interior Cleaning, Inflight Cleaning, Basic Interior Cleaning, hingga Exterior Washing.

Dilihat detikTravel, Rabu (4/3/2020), dalam video pendek yang dibagikan Garuda Indonesia lewat akun Instagramnya, tampak petugas berseragam lengkap dengan masker menyemprotkan cairan disinfektan ke berbagai sudut pesawat.

View this post on Instagram

Garuda Indonesia turut prihatin akan peningkatan epidemi COVID-19 yang terjadi di beberapa negara. Sebagai langkah antisipatif, sejak 5 Februari 2020 Garuda Indonesia telah menunda layanan penerbangan dari dan menuju Tiongkok dan telah melakukan disinfeksi (penyemprotan cairan khusus) pada armada yang sebelumnya melayani rute tersebut. Beberapa langkah lainnya juga dilakukan dengan pertimbangan keamanan penerbangan dan kesehatan penumpang beserta awak kabin sebagai prioritas utama. Informasi lebih lengkap mengenai hal ini dapat dilihat di Instagram story dan juga website kami. Garuda Indonesia is trully concerned regarding the COVID-19 outbreak which is happening in a few countries. Due to this situation, Garuda Indonesia has postponed flights from and to China since February 5th 2020, we also has disinfected all aircrafts that previously serviced China routes. Other preventive actions also have been done with considerations of flight safety and putting health of our passengers and cabin crew as priority. You can find more information regarding this issue on our Instagram stories and website.

A post shared by Garuda Indonesia (@garuda.indonesia) on Feb 26, 2020 at 12:57am PST



Petugas berseragam keamanan lengkap tersebut dengan teliti menyemprot disinfektan ke bagian sandaran kursi satu demi satu, hingga ruang bagasi kabin. Setelah disemprot cairan disinfektan, petugas yang lain langsung mengelapnya sampai bersih.

Kegiatan disinfeksi ini sudah dilakukan sejak tanggal 31 Januari hingga 4 Februari 2020 dan pada 13 Februari lalu. Pesawat Garuda Indonesia yang dibersihkan merupakan pesawat yang pernah mengangkut penumpang dengan rute dari dan menuju ke China.


Para pramugari Garuda Indonesia juga telah dibekali pengetahuan terkait wabah COVID-19 yang disebabkan virus Corona. Mereka juga sudah diedukasi bagaimana cara menangani apabila ada penumpang yang terdeteksi menunjukkan gejala Corona di pesawat.

Sebelum proses boarding pun, para pramugari akan menyemprotkan cairan disinfektan agar para penumpang merasa aman dan nyaman saat terbang.

Terakhir, penggantian alat filter High Efficiency Particulate Arresting (HEPA) juga sudah dilakukan. HEPA Air Filter merupakan peralatan standar yang ada di setiap pesawat yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan virus di dalam kabin pesawat.



Simak Video "Garuda Indonesia Pangkas Gaji Karyawan, THR Tetap Cair"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA