Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mar 2020 08:13 WIB

TRAVEL NEWS

7 Strategi Ancol Cegah Penyebaran Virus Corona

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Ancol
Foto: Ancol
Jakarta -

Menyikapi fenomena adanya WNI yang terkena virus Corona, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menerapkan kebijakan khusus dalam upaya pencegahan penularan virus.

"Keselamatan, kenyamanan dan kesehatan seluruh karyawan dan stakeholder perusahaan termasuk pengunjung merupakan prioritas manajemen, termasuk pencegahan terhadap berbagai macam epidemik yang ada," ujar VP Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Agung Praptono, dalam siaran pers yang diterima detikTravel, Kamis (5/3/2020).

Ancol menyiapkan 7 strategi dalam pencegahan penyebaran virus Corona di wilayahnya. Mulai dari menempatkan cairan antiseptik untuk mencuci tangan yang tersebar di beberapa lokasi umum. Menempatkan pula informasi dan edukasi cara mencuci tangan yang baik, serta senantiasa mengingatkan karyawan dan pengunjung untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.

Kedua, mensosialisasi serta memberikan imbauan kepada karyawan yang sedang kurang sehat untuk menggunakan masker saat beraktivitas baik di lingkungan kantor maupun di luar kantor.

7 Strategi Ancol Cegah Penyebaran Virus CoronaFoto: dok PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

Ketiga meningkatkan frekuensi pembersihan pada seluruh fasilitas yang bersentuhan langsung dengan karyawan dan pengunjung.

Keempat membuat SOP penanggulangan Pengunjung Dalam Pengawasan (PDP) dan membentuk tim khusus di seluruh unit usaha.

Kelima, menyediakan Pos P3K di setiap unit rekreasi.

Keenam, memasang poster mengenai informasi dan pencegahan Covid-19 di sejumlah titik strategis agar dapat dibaca dengan baik oleh seluruh karyawan dan pengunjung.

Dan ketujuh melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta serta RSPI Sulianti Saroso jika terdapat indikasi karyawan atau pengunjung yang terdampak Covid-19.

Pengukuran Suhu Penumpang Kapal

Sementara itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ancol juga menggelar pemantauan suhu dan deteksi dini penumpang kapal yang akan menuju ke Kepulauan Seribu hari ini (05/03) di Dermaga Marina Ancol.

Foto: dok PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk

Pemantauan suhu tubuh dilakukan oleh petugas kesehatan kepada calon penumpang kapal yang akan menuju ke Kepulauan Seribu. Petugas menggunakan thermometer infrared yang diarahkan ke dahi para penumpang. Selain itu, terdapat pula sosialisasi mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Dermaga Marina Ancol merupakan salah satu gerbang bagi wisatawan maupun penduduk untuk menuju ke Kepulauan Seribu. Dermaga ini melayani rata-rata 200 orang setiap harinya untuk bepergian menuju Kepulauan Seribu.

Dalam waktu dekat, Dermaga Marina Ancol juga akan dilengkapi dengan pos kesehatan serta ruang isolasi khusus apabila terdapat pengunjung yang terindikasi terjangkit virus Covid-19.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA