Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mar 2020 22:46 WIB

TRAVEL NEWS

Ada 133 Letusan di Gunung Semeru, Wisatanya Aman

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
gunung semeru
Gunung Semeru Foto: Nurhadi Wicaksono
Jakarta -

Gunung Semeru mengalami kenaikan aktivitas. Terbaru ada 133 letusan namun itu tak berdampak pada destinasi wisata yang ada di kakinya.

Hingga kini, pendakian di Gunung Semeru masih ditutup. Pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengabarkan bahwa wisata yang ada di sana aman dikunjungi.

"(Hingga saat ini) pendakian masih ditutup mas. (Apakah sampai April) nanti kita kabari lagi kalau akan dibuka," kata kata Syarif Hidayat, salah satu staf TNBTS, dalam pesan singkat dengan detikcom, Jumat (6/3/2020).

Terkait erupsi di Gunung Semeru apakah ada imbauan bagi wisatawan yang akan ke sana? Syarif hanya memberi pesan pada wisatawan untuk selalu tenang dan tidak panik meski aktivitasnya naik.

"Mengingat Semeru adalah gunung aktif maka erupsi adalah suatu hal yang wajar dan merupakan indikator sebuah gunung aktif. Peningkatan aktivitas Semeru tidak menimbulkan dampak menggaanggu di masyarakat tapi kita mengimbau masyarakat tetap tenang, waspada dan siaga saja," jelas dia.

Ia menegaskan bahwa aktivitas Gunung Semeru masih belum mengganggu destinasi wisata di kakinya. Dan kegiatan masyarakat juga jauh dari lokasi puncak.

"Betul tidak mengganggu sama sekali. Sampai saat ini peningkatan aktivitas masih jauh dari pemukiman warga atau masyarakat," imbuh dia.



Simak Video "Detik-detik Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 3 Km"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA