Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Mar 2020 06:25 WIB

TRAVEL NEWS

Coba Sentuh Rusa Besar, Wanita Ini Malah Ditendang

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Rusa Tendang Pengunjung
Foto: (Colorado Parks and Wildlife/Twitter)
Colorado -

Larangan menyentuh hewan sering diperingatkan di beberapa taman wisata satwa. Hewan yang terlihat jinak juga bisa menyerang jika mereka merasa terganggu.

Seperti dilansir dari CNN dan Travel+Leisure, seorang wanita membuat heboh pengunjung Taman dan Satwa Liar Colorado, Amerika Serikat. Dengan berani, dia berjalan ke dekat rusa besar dan mengulurkan tangan untuk menyentuhnya. Orang-orang yang melihat wanita ini meneriakinya untuk melarikan diri.

Benar saja, rusa besar yang merasa terusik berbalik dan menendang wanita ini. Untungnya, si pengunjung wanita tidak terluka dan langsung meninggalkan rusa. Sedangkan rusa besar tanpa merasa bersalah berjalan ke semak-semak dan memakan dedaunan.

Kejadian ini direkam oleh seorang fotografer profesional bernama Anna Stonehouse. Sambil merekam, dia pun merasa khawatir akan keselamatan wanita yang mengira rusa Amerika utara ini jinak.

"Kupikir aku akan menyaksikannya diinjak sampai mati!," kata Stonehouse di akun Facebooknya.

Video Stonehouse juga dibagikan oleh Taman dan Satwa Liar Colorado di akun twitter mereka. Dalam cuitannya, mereka mengatakan bahwa aksi wanita ini telah mengganggu margasatwa.




Terlihat jinak, namun ternyata, tak hanya wanita ini yang mendapat reaksi buruk dari rusa besar. Banyak orang yang telah menjadi korban serangan rusa asal Amerika Utara ini.

"Setiap tahun, lebih banyak orang diserang oleh rusa dari pada spesies satwa liar lainnya," kata Manager Satwa Liar Distrik Elissa Slezak.

Jika hewan lain biasanya akan melarikan diri ketika manusia mendekat, rusa besar akan bertahan dan menyerang saat mereka merasa terancam. Menurut Manajer Districk Wildlife, Elissa Slezak, jumlah serangan rusa meningkat karena hewan yang penasaran cenderung berkeliaran ke pinggiran kota untuk mencari makanan.

Sedangkan, jumlah korbannya sudah mencapai lebih dari 47.000 orang per tahun yang mendapat perawatan medis setelah terluka atau diserang satwa liar. Pernyataan ini dikatakan oleh Institut Jack H. Berruman dan Departemen Sumberdaya Alam Liar di Universitas Negeri Utah.


Banyak orang yang mengira hewan yang kelihatan jinak atau setidaknya bukan hewan pemakan daging tidak akan menyerang jika didekati atau disentuh. Namun kenyataannya tidak selalu begitu. Banyak wisatawan yang mencoba untuk mendekati bahkan berselfie dengan hewan namun malah menyebabkan kecelakaan.

Memang tidak ada salahnya berinteraksi dengan hewan, namun, menjaga jarak itu harus diperhatikan. Bukan hanya menjaga keselamatan Anda, tapi juga hewan itu sendiri.

Sayangnya tidak banyak tanda larangan untuk mendekati rusa besar di Taman Nasional. Sehingga pengunjung yang melihatnya mengira bahwa rusa ini tidak berbahaya.



Simak Video "AS-Eropa Luncurkan Satelit Pengukur Permukaan Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA