Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Mar 2020 17:32 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler yang Mau ke Thailand Harus Punya Sertifikat Bebas Corona

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Suasana di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand, Senin (25/3). Bandara ini mulai beroperasi pada 28 September 2006 menggantikan Bandara Internasional Don Muang. Bandara ini terletak di Racha Thewa distik Bang Phli, Provinsi Sumut Prakat, sekitar 25 km sebelah timur Bangkok. Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej yang artinya Tanah Emas. Luas terminal bandara 563.000 meter persegi. Di Asia bandara merupakan bandara tersibuk ke empat. File/detikFoto.
Suasana di Bandara Suvarnabhumi Foto: Agung Pambudhy
Bangkok/New Delhi -

Pemerintah Thailand mengetatkan aturan buat traveler yang mau masuk ke negaranya menyusul kian maraknya korban virus Corona. Civil Aviation Authority of Thailand (CAAT) mewajibkan traveler dari negara yang terinfeksi Corona memiliki sertifikat medis bebas virus Corona sebelum boarding ke pesawat yang menuju Thailand.

Mengutip Bangkok Post, Rabu (11/3/2020) Menteri Perhubungan Thailand Saksayam Chidchob mengatakan traveler yang tidak bisa menunjukkan sertifikat medis tidak diperkenankan untuk boarding. Aturan ini langsung dilakukan oleh maskapai Thai Airways. Thai Airways meminta penumpang dari China, Italia dan Korsel membawa sertifikat tersebut.

"Siapapun yang membuat sertifikat palsu akan kena sanksi dan dikarantina," ujar Saksayam sambil menegaskan kalau Bandara Suvarnabhumi sudah menyiapkan prosedur screening yang ketat untuk mencegah penularan Corona.

Selain lewat udara, traveler yang masuk lewat jalur laut juga wajib memiliki sertifikat medis serupa. Kapten kapal wajib memberikan dokumen yang dibutuhkan kepada petugas kesehatan 24 jam sebelum bersandar.

Di Thailand, kasus Corona lebih banyak dari Indonesia. Sampai Senin kemarin sudah ada 50 kasus virus Corona. Sebanyak 33 pasien berhasil sembuh, 16 orang lagi masih dirawat dan 1 orang meninggal.

India Juga Wajibkan Sertifikat Medis Bebas Corona

Sementara itu India juga mewajibkan traveler memiliki sertifikat bebas Corona terutama untuk traveler dari Italia dan Korea Selatan. India sebenarnya melarang traveler dari negara Prancis, Jerman, Spanyol, Italia, Iran, Korsel.

Visa-visa yang sebelumnya sudah dikeluarkan untuk traveler dari negara-negara yang terkena langsung dibatalkan begitu kasus Corona membludak di negara-negara tersebut. Namun India masih memberikan 'kompensasi' untuk bepergian ke India bagi traveler yang memiliki keperluan mendesak. Namun syaratnya mereka harus punya sertifikat bebas Corona dari laboratorium di Italia atau Korsel. Visa baru tidak akan dirilis selama belum ada sertifikat.

Sementara bagi warga India yang datang dari Italia dan Korsel juga harus punya sertifikat tersebut. Sementara bagi traveler dari negara lain bebas dari aturan visa yang diperketat ini namun tetap diminta mengikuti pemeriksaan kesehatan saat datang di India.



Simak Video "Tambah 3.989, Total Kasus Positif Covid-19 di RI Jadi 244.676"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA