Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Mar 2020 19:40 WIB

TRAVEL NEWS

Pengelola Borobudur Jadi Role Model Sistem Antisuap

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
candi borobudur sepi
Ilustrasi Candi Borobudur (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Sleman -

PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menerima sertifikat SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Penerapan sistem ini penting untuk memastikan transparansi perusahaan.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya mengatakan penerapan SMAP ini pada dasarnya dimulai pada 17 Februari sesuai arahan Menteri BUMN. Namun, PT TWC menjadi yang pertama menerapkan sistem ini.

"Hari ini kan sosialisasi dan kick off. Ini penting bagi saya untuk memulai menerapkan SMAP. Kalau edaran menteri itu diterapkan 17 Februari, tapi TWC ini yang pertama. Pada level perusahaan SMAP ini penting apalagi negara. Nah saat ini untuk level perusahaan dari BUMN dulu," kata Bambang saat menyerahkan sertifikat SNI ISO di panggung tertutup Ramayana Ballet Prambanan, Jumat (13/3/2020).

Penetapan SNI SMAP, lanjut Bambang, sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Dalam Instruksi Presiden tersebut, BSN mendapat amanah untuk melakukan Aksi Inisiasi Sertifikasi Sistem Anti Korupsi.

Pengelola Borobudur Jadi Role Model Sistem Anti SuapPT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menerima sertifikat SNI ISO 37001:2016 (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Salah satu perusahaan yang sangat fokus menerapkan SNI SMAP adalah PT TWC. "Kami sangat mengapresiasi dan mendorong TWC yang peduli terhadap penerapan standar. TWC layak menjadi role model untuk perusahaan di sektor pariwisata," katanya.

Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono mengatakan penerapan beberapa standar tersebut guna mendukung upaya transformasi kelembagaan dan proses bisnis menjadi Indonesia Heritage Management Corporation (IHMC).

"Oleh karenanya, PT TWC pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2020, perusahaan telah mencanangkan proses sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) guna mendukung proses kematangan sistem administrasi melalui Enterprise Resource Planning (ERP) yang telah diterapkan," ujar Edy.

Edy menjelaskan, celah suap biasanya muncul saat proses pengadaan. Namun, pihaknya telah memutus mata rantai suap itu dengan memasukkan semua vendor dalam satu sistem.

"Vendor itu ada di satu sistem, jadi dari awal sampai akhir terpantau. Selain itu kami juga menerapkan pembayaran non tunai. Jadi akan sangat sulit untuk melakukan suap karena semua sudah terpantau," tegasnya.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA