Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Mar 2020 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kini Kamu Bisa Ikut Ekspedisi ke Titik Terdalam Lautan

Ekspedisi ke Palung Mariana
Ring of Fire Expedition ke Palung Mariana (Foto: EYOS Expeditions/CNN)
Jakarta -

Sebentar lagi bakal ada ekspedisi ke titik terdalam lautan. Dan asyiknya kamu dapat bergabung di dalam kelompok ini.

Dilansir CNN, perjalanan ke titik tertinggi bumi, Puncak Himalaya di Everest, memang hanya bisa digapai sebagian orang. Berbiaya mahal, namun, ada lebih dari 4.000 petualang telah naik ke puncak Gunung Everest menurut British Mountaineering Council.

Namun tak banyak yang mengunjungi titik Challenger Deep di Palung Mariana, Samudra Pasifik. Titik terdalamnya yakni 10.928 meter dan diyakini sebagai titik terdalam di lautan dunia.

EYOS Expeditions bekerja sama dengan perusahaan selam bawah laut swasta Caladan Oceanic menjadi perusahaan pertama di dunia yang akan membuka perjalanan ke sana. Mereka menawarkan pengalaman ini untuk umum.

Perjalanan ke dasar Palung Mariana amat jarang dilakukan. Menurut EYOS, hanya tujuh orang di bumi yang pernah mengunjungi Challenger Deep, pesohor Hollywood, James Cameron jadi salah satunya.

Kini Kamu Bisa Ikut Ekspedisi ke Titik Terdalam LautanRing of Fire Expedition ke Palung Mariana (Foto: EYOS Expeditions/CNN)

Perusahaan itu hanya mengundang tiga orang untuk bergabung dalam ekspedisi ke Palung Mariana. Yang pertama mendaftar akan diutamakan.

EYOS Expeditions tidak memberikan rincian biaya apa pun. Tapi, hitung-hitungan biaya minimalnya mencapai USD 100.000 atau Rp 1,5 miliar karena penyelaman ke Titanic dipatok dengan biaya antara USD 100.000-200.000 per orang.

Tiga ekspeditor, yang disebut Mission Specialists akan menghabiskan waktu sekitar delapan hari bersama Ring of Fire Expedition. Ekspedisi itu dioperasikan oleh EYOS dan Caladan Oceanic.

Setiap penyelaman kapal selam akan memakan waktu hingga 14 jam. Tiap penurunan lebih dari 11 kilometer membutuhkan waktu lebih dari empat jam.

Para penyelam akan menghabiskan hingga empat jam di dasar laut. Mereka akan menjelajahi dan merekam apa yang ada di sekeliling mereka.

Kini Kamu Bisa Ikut Ekspedisi ke Titik Terdalam LautanRing of Fire Expedition ke Palung Mariana (Foto: EYOS Expeditions/CNN)

"Ini adalah ekspedisi paling eksklusif di Bumi. Saat ini, hanya tiga ekspedisi yang pernah dilakukan ke dasar Challenger Deep, dan lebih banyak orang ke bulan daripada ke dasar lautan," kata Rob McCallum, mitra pendiri EYOS Expeditions.

Mission Specialists akan naik kapal eksplorasi, DSSV Pressure Drop di sekitar bulan Juni 2020 di Agat, Guam. Kemudian dibutuhkan perjalanan satu hari di laut untuk mencapai Palung Mariana.

Ekspedisi ini akan menggunakan kapal selam Caladan Oceanic, Limiting Factor, yang telah diuji tekanannya hingga 14.000 meter. Kapal ini telah menyelam lima kali ke dasar Palung Mariana.

EYOS mengatakan kapal itu satu-satunya kendaraan yang pernah dibuat dan mampu melakukan beberapa kali penyelaman hingga dasar samudra.

"Penumpang kapal selam dilindungi oleh bola titanium setebal 90mm dan tidak akan mengalami perubahan tekanan fisiologis sama sekali," katanya.

Berdasar pemaparan di atas, traveler tidak perlu melakukan pelatihan pra-keberangkatan. Tapi, para Mission Specialists akan menerima penjelasan tentang orientasi kapal yang komprehensif sebagai persiapan pra-penyelaman.

"Bagian dalam kapal selam itu sunyi, damai, dan sangat santai. Kapal selam ini memiliki dua kursi yang nyaman, tiga jendela pandang, dan kamera luar berdefinisi tinggi," kata McCallum.

"Para Mission Specialists akan menjadi anggota tim yang bekerja bersama dengan operator sonar atau pembuat peta laut, teknisi submersible, tim produksi film, manajemen ekspedisi, dan petugas kapal," urai dia.



Simak Video "Tumpahan Minyak Terlihat di Lokasi Awal KRI Nanggala-402 Menyelam"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA