Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Apr 2020 17:46 WIB

TRAVEL NEWS

Bonbin Sepi, Sepasang Panda Bisa Kawin Setelah 1 Dekade Mencoba

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Sepasang panda akhirnya bisa kawin setelah petugas kebun binatang mencoba mengawinkan mereka sejak 10 tahun lalu.
Ying Ying dan Le Le Foto: Ocean Park
Hong Kong -

Setelah hampir 10 tahun atau 1 dekade mencoba, sepasang panda akhirnya bisa kawin. Kebun binatang Ocean Park di Hong Kong pun memberikan kabar gembira itu hari Selasa ini di akun media sosialnya.

Kebun binatang Ocean Park ini dalam kondisi ditutup gara-gara wabah Corona sejak bulan Januari lalu. Sepertinya suasana kebun binatang yang sepi membuat kedua panda, Ying Ying (betina) dan Le Le (jantan) tak malu-malu lagi. Padahal petugas kebun binatang sudah mencoba agar kedua hewan itu bisa kawin secara alamiah di kebun binatang.

"Suksesnya proses kawin alamiah ini sangat menggembirakan buat kami, kesempatan kehamilan lewat perkawinan alamiah lebih tinggi dibanding buatan," ujar Direktur Eksekutif Ocean Park Michael Boss dalam pernyataan di situs resminya.

Kedua hewan itu mulai sering bersama, bermain di air sejak bulan Maret. Le Le terlihat sudah memberikan jejak di sekitar habitatnya dan mencari bau dari Ying Ying. Memang masih terlalu dini apakah bakal ada bayi panda yang segera lahir, namun petugas kebun binatang terus memonitor perkembangan badan Ying Ying.

"Jika sukses dan ada tanda-tanda kehamilan, seperti fluktuasi level hormon, dan perubahan perilaku mungkin bisa kita observasi pada akhir Juni," ujar Boss.

Panda termasuk hewan yang populasinya dalam bahaya. Menurut IUCN Red List of Threatened Species seperti dikutip dari CNN, saat ini total ada 1.800 panda di lingkungan alamiahnya dan termasuk di Ocean Park.

"Kami berharap bisa mengumumkan berita kehamilan yang luar biasa kepada warga Hong Kong tahun ini dan memberikan kontribusi lebih lanjut untuk konservasi spesies yang rentan ini," kata Boos.

Jika Ying Ying hamil, masa kehamilan panda raksasa berkisar antara 72 dan 324 hari. Ocean Park berjanji akan memberikan informasi lebih lanjut tentang perjalanan Ying Ying menjadi ibu jika hewan itu benar-benar hamil.

[Gambas:Instagram]



----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



Simak Video "Liburan di Kura-Kura Ocean Park, Jepara"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA