Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Apr 2020 21:48 WIB

TRAVEL NEWS

5 Fakta Penjara Wakefield, Tempat Reyhnard Sinaga dan Penjahat Kakap Dibui

Femi Diah
detikTravel
WAKEFIELD, ENGLAND - JANUARY 13:  The Wakefield prison, where convicted serial killer Dr Harold Shipman was found dead hanging in his cell, is pictured January 13, 2004. Shipman, nicknamed
Penjara Wakefield, tempat Reynhard Sinaga dibui. (Getty Images/Michael Steele)
Jakarta -

Reynhard Sinaga, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang dijuluki pemerkosa terburuk di Inggris, dipindahkan ke penjara Wakefield hari ini. Berikut 5 fakta lapas untuk penjahat kelas kakap di Inggris itu.

Sebelumnya, Reynhard, 36 tahun, yang dinyatakan bersalah atas 159 tindak kejahatan seksual, termasuk 136 pemerkosaan terhadap banyak pria, dibui di penjara Strangeways. Pria yang sempat menjadi mahasiswa Universitas Manchester itu kemudian dipindah ke penjara Wakefield yang dilabeli sebagai Monsters Mansion pada Senin (20/4/2020).

Julukan itu disematkan untuk penjara di Yorkshire Barat itu bukan tanpa alasan. Penjara tersebut menampung penjahat pria kelas kakap, termasuk pemerkosa dan pembunuh.

Berikut fakta-fakta tentang penjara Wakefield di Yorkshire Barat yang dibangun pada abad ke-16 itu:

1. Dibangun Tahun 1594

Penjara dengan nama resmi Her Majesti Prison Wakefield itu beroperasi mulai tahun 1594 sebagai lembaga pemasyarakatan. Di tahun pertama, penjara dengan pengamanan ketat itu mampu menampung 751 napi.

Sebagian besar bangunannya berasal dari zaman Ratu Victoria. Wakefield ditetapkan sebagai penjara dispersal sejak 1966 dan disebut sebagai penjara tertua di Inggris dan Wales yang masih beroperasi.

Sejak awal, lembaga pemasyarakatan (lapas) itu memang difokuskan untuk menampung pelaku kejahatan seksual yang buruk.

2. Dijuluki Monsters Mansion

Dikutip dari justice.gov.uk, penjara Wakefield dimasukkan dalam penjara kategori A dan B atau dengan keamanan tertinggi di Inggris. Di sanalah penjahat kelas kakap, pembunuh berdarah dingin dan penjahat seksual, diamankan sampai-sampai penjara itu dijuluki Monsters Mansion.

Keberadaan penjara itu membuat Wakefield sangat identik dengan lapas tersebut. Banyak yang merujuk masuk bui saat ada yang menyebut menuju ke Wakefield.

3. Daya Tampung

Penjara yang diperuntukkan bagi tahanan pria kategori A dan B dengan masa tahanan lebih dari 10 tahun itu memiliki daya tampung 750 narapidana.

Merujuk laporan inspeksi HMP Wakefield oleh kepala lapas pada 2018, lapas tersebut menampung 709 narapidana. 60 persen di antaranya menjalani hukuman seumur hidup atau hukuman tak tentu untuk perlindungan terhadap publik.

Hampir setengah dari tahanan berusia 50 tahun atau lebih, yang tertua 91 tahun.

4. Fasilitas

Lapas Wakefield bergaya blok radial Victoria dengan sel hunian tunggal dengan sanitasi integral.

Kamar mandi disebut terbatas dengan masing-masing narapidana mendapatkan kesempatan mandi tiga hari sekali. Dalam laporan inspeksi yang dimuat dalam justiceinspectorates.gov.uk dimunculkan rekomendasi agar narapidana bisa lebih sering mandi.

5. Kasus Napi yang Bikin Heboh Dunia

Beberapa narapidana yang membuat heboh dan masih mendekam di sana antara lain Ian Watkins, vokalis grup band Lostprophets. Dia dinyatakan bersalah setelah mencabuli anak-anak.

Selain itu, Mark Bridger, yang menculik dan membunuh anak-anak. Peristiwa itu dikenal dengan tragedi April Jones.

Juga, Dr Harold Shipman yang melakukan pembunuhan berantai sehingga dijuluki dr Death. Dia membunuh 15 pasiennya pada tahun 2000. Shipman tewas di dalam selnya pada 13 Januari 2004

Kini, WNI Reynhard Sinaga menambah panjang narapidana kelas kakap di Wakefield.



Simak Video "Awkarin Ikut Komentari Kasus Pemerkosaan oleh Reynhard Sinaga"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA