Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Apr 2020 08:51 WIB

TRAVEL NEWS

Inikah Tempat Teraman dari Virus Corona di Amerika?

Point Roberts
Ilustrasi Point Roberts yang masih nol kasus virus Corona. (Getty Images)
Jakarta -

Kasus virus Corona di Amerika Serikat bertambah setiap hari. Tapi, ada satu kawasan yang disebut sebagai tempat teraman dari virus Corona.

Dilansir Travel+Leisure, salah satu kota di Washington yang juga terhubung dengan Kanada berhasil mencegah pandemi Corona masuk. Nama kota kecil itu adalah Point Roberts, tempatnya cukup terpencil dengan penduduk yang sedikit.

Untuk menuju ke kota ini hanya bisa diakses dengan mengemudi melalui Kanada, bisa naik perahu pribadi atau terbang dengan pesawat kecil. Terbatasnya akses untuk masuk ini ternyata mencegah virus Corona yang masuk di saat Amerika Serikat memiliki puluhan ribu kasus yang masih terus bertambah.

Point RobertsPoint Roberts Foto: (Getty Images)

Menurut kepala pemadam kebakaran Point Roberts, Christopher Carleton, biasanya di akhir pekan, kurang lebih ada 2000 mobil yang berlalu lalang melakukan perjalanan melintasi perbatasan kota. Tapi sekarang, mobil yang berlalu lalang bahkan kurang dari 100.

"Ini mungkin tempat teraman untuk berada di negara ini," kata warga Point Roberts, Pamela Sheppard, yang telah tinggal di kota ini sejak 1989 kepada Guardian.

"Karena perbatasan kita ditutup, kita seperti pulau sekarang, kami seperti pulau tanpa perahu," Sheppard menambahkan.

Biarpun aman hingga saat ini, Carleton bilang tempat ini tetap membutuhkan perlindungan. Sebab, sekitar 70 % dari penduduk kota telah berusia 60 tahun atau lebih, sebagai usia rentan terinfeksi virus Corona.

Selain itu, fasilitas medis di Point Roberts terbatas. Di kota tersebut hanya terdapat klinik dengan perawat dan asisten dokter. Jika ada warga yang mengalami kondisi kritis maka harus dibawa ke wilayah lain di AS untuk mendapatkan perawatan rumah sakit.

Kendati belum menunjukkan kasus virus Corona, namun ekonomi Point Roberts turut limbung. Roda ekonomi tak berjalan setelah warga menjalankan anjuran pemerintah agar tetap di rumah.

"Secara ekonomi, itu melukai masyarakat kami, seperti halnya masyarakat lain yang mengalami hal ini (pandemi virus Corona) saat ini. Tetapi, dalam arti juga melindungi masyarakat kami," kata Carleton.

Sejalan dengan peraturan di Kanada, Point Roberts juga telah melarang pertemuan yang tidak penting dan mengimbau penduduk untuk tetap di rumah sejak 23 Maret 2020. Penduduk hanya boleh keluar rumah untuk kebutuhan makanan dan perawatan medis.

Penduduk Point Roberts bisa melewati perbatasan untuk perjalanan penting, seperti bertemu dokter atau mengambil resep obat. Tapi, pendatang yang mencoba masuk ke kota ini dan tidak memiliki keluarga di sana akan mengalami kesulitan untuk melewati perbatasan.



Simak Video "PM Kanada: Pangeran Philip Adalah Sosok yang Melayani"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA