Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Apr 2020 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Penakluk Ombak dengan Segudang Prestasi, Kartini di Dunia Surfing

Gemala Hanafiah
Foto: (Gemala Hanafiah/Instagram)
Jakarta -

RA Kartini menjadi simbol kesetaraan perempuan Indonesia. Gemala Hanafiah menyuarakan lewat konsistensi di surfing dan diving. Gemala 'memanfaatkan' hobi, yang bisa jadi kini telah menjadi profesinya, tak cuma untuk kepuasan pribadi. Dia sekaligus mengenalkan keindahan laut dan pantai-pantai, juga sunset Indonesia.

Gemala seolah memiliki waktu yang luas untuk mengajak dan mengedukasi follower-nya di media sosial untuk turut menjaga kelestarian laut dan pantai.

"Indonesia ini luar biasa indahnya dan dunia juga mengakuinya, rasanya sayang banget kalau keindahan ini tak diketahui. Apalagi oleh orang Indonesia sendiri. Masa orang luar jauh-jauh datang kemari untuk diving atau surfing tapi kita sendiri tak menyadari potensi yang kita miliki," kata Gemala saat dihubungi detikcom.

Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya. Bahkan, banyak orang yang rela terbang berjam-jam ke Indonesia untuk melihat keelokan alam yang luar biasa. Keindahan bawah lautnya pun tidak diragukan, ada suasana dan kehidupan yang sangat berbeda dan itu menjadi daya tarik banyak pendatang.

"Lokasi Indonesia yang bikin bawah lautnya istimewa. Yang disebut-sebut coral triangle itu, Indonesia salah satunya. Kita memiliki 76% dari keberagaman coral yang ada di dunia ini, dan 37% keberagaman ikan-ikan karang. Jadi memang sangat istimewa," kata Gemala.

Sayangnya, telah banyak kerusakan di laut yang disebabkan oleh tangan manusia. Masih banyak penduduk yang salah dalam menjaga kelestarian bawah laut. Mereka tidak mengetahui potensi daerahnya sehingga tak ada kebijakan-kebijakan yang diberlakukan.

"Banyak daerah-daerah yang merusak bawah lautnya karena tak mengerti bagaimana cara memanfaatkan dengan benar, hanya memilih jalan singkat untuk keuntungan sesaat, seperti potas atau bom ikan," kata Gemala.

[Gambas:Instagram]






Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA