Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Apr 2020 06:48 WIB

TRAVEL NEWS

Sepi Turis, Dugong Kembali ke Thailand

Bonauli
detikTravel
Dugong muncul di Thailand
Dugong muncul di Thailand (Thailand (Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation/AP)
Libong -

Wabah virus Corona memang membuat pariwisata sekarat. Tapi di balik itu, aneka hewan langka kembali habitatnya, termasuk kawanan dugong ini.

Pulau Libong di Provinsi Trang, selatan Thailand kedatangan mamalia langka, dugong. Dugong atau duyung dikenal sebagai mamalia yang pemalu.

Departemen Taman Nasional merekam kembalinya kawanan dugong ke perairan Thailand. Dari video drone terlihat sekitar 30 ekor dugong muncul di area perairan dangkal.

Kemunculan dugong-dugong itu ditengarai tak adanya aktivitas wisatawan selama pandemi virus Corona. Meski nol turis di Thailand, namun pantai-pantainya Negeri Gajah Putih itu kedatangan hewan-hewan langka.

Dugong muncul di ThailandDugong muncul di Thailand Foto: (Thailand (Department of National Parks, Wildlife and Plant Conservation/AP)

Menurut Taman Nasional penampakan duyung di Thailand sangat langka selama beberapa tahun terakhir. Banyaknya turis yang beraktivitas di sekitar pantai dan pencemaran laut menjadi penyebabnya.

"Ini sangat tidak biasa. Spesies mamalia ini sangat sensitif terhadap speed boat dan manusia. Ketika tak ada manusia, mereka merasa bebas untuk berkumpul di dekat pantai," ujar ilmuwan kelautan, Thon Thamrongnawasawat, seperti dikutip AP.

Mamalia yang panjangnya bisa mencapai 3,4 meter ini diklarifikasikan sebagai hewan rentan punah oleh Thailand. Populasi dugong di Thailand hanya berjumlah sekitar 250 ekor.

Cerita pilu tentang kematian dugong di Thailand kerap terdengar. Tahun lalu bahkan bayi dugong mati karena banyak sampah plastik di ususnya.

Selain dugong, kawanan hiu juga nampak kembali ke Thailand selatan. Di Pulau Phi Phi saja ada 70-100 hiu blacktip yang berenang di perairan dangkal Teluk Maya.

Wisata populer, Koh Lanta juga demikian. Penjaga taman nasional mengatakan bahwa ada 10-15 paus pembunuh yang berenang bebas di perairan tersebut.

Rupanya hikmah Corona membuat hewan-hewan langka kembali ke habitatnya, ya traveler.



Simak Video "Tolak Mundur Meski Didemo 10 Ribu Orang, Ini Kata PM Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA