Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Mei 2020 05:03 WIB

TRAVEL NEWS

Terkuak Setelah Penelitian 13 Tahun! Begini Cara Koala Minum

Putu Intan
detikTravel
Koala Lawson Rayakan Ulang Tahun ke-16
Koala kalau minum bagaimana? (Australia Plus ABC)
Washington -

Teka-teki cara koala minum akhirnya terkuak. Para ilmuwan menemukan fakta terbaru bahwa koala mempunyai cara unik untuk minum, seperti apa?

Cara minum koala bikin penasaran karena satwa asal Australia ini tidak pernah terlihat mendekati kolam, sungai, atau sumber air lain seperti hewan lainnya. Diwartakan Reuters, para ilmuwan akhirnya mengetahui perilaku minum koala untuk pertama kalinya.

Rupanya, satwa marsupial itu menjilat air mengalir dari permukaan halus batang pohon saat hujan (disebut sebagai aliran batang) dan tidak hanya bergantung pada kandungan air di daun yang sehari-hari mereka makan.

Penelitian mengenai cara minum koala ini dilakukan melalui observasi pada 46 koala di alam liar dari 2006 sampai 2019 yang sebagian besar berada di Taman Regional You Yang di negara bagian Victoria, Australia. Temuan mengenai cara minum koala ini berguna bagi konservasi koala di masa depan.

"Saya pikir pesan utamanya adalah bahwa pengamatan perilaku di alam liar sangat penting untuk menetapkan perilaku yang normal dan perilaku yang tidak biasa, dan untuk benar-benar memahami apa yang dibutuhkan hewan. Jika kita memperhatikan mereka dengan seksama, mereka akan memberi tahu kita," kata pakar etologi University of Sydney, Valentina Mella.

Koala merupakan satwa yang menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di pohon eucalyptus. Selama ini mereka diketahui mengonsumsi sekitar 500 sampai 800 gram daun kayu putih setiap hari. Mereka dianggap minum dari daun basah setelah hujan, dari embun di daun, atau bahkan tidak minum sama sekali.

Nama Koala yang berarti tidak minum dalam bahasa Aborigin telah membingungkan para ilmuwan.

"Koala dianggap tidak pernah minum di alam liar, atau hanya minum sesekali. Perilaku minum sering dianggap tidak biasa dan dikaitkan dengan penyakit atau stres akibat panas yang hebat," ujar Mella.

Satwa ini menghabiskan waktu selama 20 jam untuk tidur. Tujuannya adalah menghemat energi karena gaya hidup diet mereka membutuhkan banyak energi untuk dicerna.

"Koala adalah hewan nokturnal, jadi mereka hanya aktif di malam hari, dan mereka arboreal, yang berarti mereka hidup di pohon dan bergantung pada pohon untuk mendapatkan makanan, sebagai tempat berteduh dan, seperti yang baru saja kami temukan, juga untuk minum," kata Mella.

Mella menjelaskan koala hampir menghabiskan 98 persen hidupnya di pohon. Satu-satunya momen mereka turun ke tanah adalah saat mereka mencoba menemukan pohon lain dengan pasokan makanan yang lebih banyak.



Simak Video "Haru! Video Petugas Pemadam Beri Minum ke Koala yang Kehausan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA