Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Mei 2020 13:54 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira! Basilika St Petrus Kembali Dibuka Hari Ini

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Basilika St Petrus dibuka lagi.
Basilika St Petrus di Vatikan (AFP/Andreas SOLARO)
Vatikan -

Kabar baik bagi traveler dan umat Katolik. Tepat hari Senin ini (18/5), Basilika St Petrus di Vatikan kembali di buka.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (18/5/2020), pembukaan Basilika St Petrus itu dilakukan mengikuti kebijakan Italia yang mulai melonggarkan lockdown seperti diberitakan Channel News Asia.

Pembukaan kembali Basilika St Petrus itu pun menjadi kabar baik bagi masyarakat setempat, khususnya umat Katolik Roma. Dibukanya kembali Basilika St Petrus juga menjadi simbol kebangkitan setelah kegiatan religi seperti misa dan lainnya tak dapat dilakukan selama dua bulan silam.

"Saya membagi kabar gembira bagi komunitas, yang akhirnya dapat berkumpul kembali. Sebuah simbol harapan bagi semua masyarakat," ujar Paus Francis pada misa livestreaming hari Minggu (17/5).

Ya, pandemi virus Corona di Italia tak hanya berdampak pada kegiatan bisnis. COVID-19 juga mengganggu kehidupan pribadi masyarakatnya. Termasuk, untuk kegiatan misa yang rutin dilakukan umat Katolik Roma di akhir pekan.

Semenjak pandemi virus Corona merajalela di Italia, kegiatan misa memang jadi terganggu dan dilangsungkan secara online. Tak terkecuali di Basilika St Petrus yang menjadi pusat dari agama Katolik Roma.

Telah dibersihkan lebih dulu

Untuk menyambut pembukaan kembali hari ini, Basilika St Petrus pun telah dibersihkan dengan disinfektan lebih dulu pada Jumat pekan lalu (15/5). Pekerjanya pun mengenakan APD kesehatan lengkap dengan masker. Dijelaskan, protokoler di Vatikan telah mengikuti ketentuan yang sama dengan Italia.

Basilika St Petrus dibuka lagi.Basilika St Petrus dibersihkan pada Jumat lalu (15/5) (AFP/Alberto PIZZOLI)

Dalam perkembangannya, Basilika St Petrus dan tiga basilika lainnya akan mengikuti rekomendasi dari pihak Kementerian Italia. Di mana kegiatan ibadah seperti misa di gereja akan dibatasi hanya untuk 200 umat saja setiap sesi.

Tak hanya dapat kembali berkunjung dan mengikuti ibadah, sekitar 800 ribu aktivitas komersial juga telah kembali berdenyut di Italia pasca pelonggaran lockdown oleh PM Italia, Giuseppe Conte.



Simak Video " Warga London Penuhi Bar Sebelum Lockdown Kedua di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA