Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mei 2020 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Datang ke Pantai Gunungkidul Saat Pandemi, Wisatawan Diminta Pulang

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Tim SAR saat memberi imbauan kepada para pengunjung pantai agar pulang.
Wisatawan di Pantai Gunungkidul yang diminta pulang (Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)
Gunungkidul -

Sejumlah wisatawan masih kedapatan mengunjungi kawasan Pantai di Kabupaten Gunungkidul. Karena kondisi belum kondusif, mereka pun diminta pulang.

Mengingat Dinas Pariwisata belum membuka kembali tempat wisata karena pandemi COVID-19, petugas SAR mengimbau wisatawan yang nekat untuk kembali pulang ke rumahnya masing-masing.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto mengatakan, bahwa pihaknya mendapati wisatawan yang mengunjungi Pantai Pulang Sawal, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal hingga Pantai Sepanjang. Menurutnya, para wisatawan lokal dan luar kota itu memanfaatkan jalur tikus untuk sampai ke pantai.

"Karena pantai masih ditutup, mereka kami ajak bicara baik-baik. Intinya mereka kami minta untuk meninggalkan pantai," ucapnya saat dihubungi detikcom, Senin (25/5/2020).

Surisdiyanto melanjutkan, saat memberi arahan tersebut terkadang ada wisatawan yang meminta waktu sebentar untuk menikmati suasana pantai. Namun, karena menjalankan perintah pihaknya tidak bisa mengabulkan permintaan wisatawan tersebut.

"Pas kami beri tahu itu ada yang memohon untuk dibiarkan sejenak menikmati kawasan pantai. Tapi ya karena menjalankan sesuai tugas, kami tetap perintahkan mereka untuk pulang," katanya.

Tim SAR saat memberi imbauan kepada para pengunjung pantai agar pulang.Tim SAR saat memberi imbauan kepada para pengunjung pantai agar pulang (Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

Selain itu, Surisdiyanto juga menyebut pihaknya telah memutarbalikkan ratusan wisatawan yang hendak memasuki kawasan Pantai Gunungkidul. Semua itu dilakukan karena saat pandemi COVID-19 ini kawasan pantai di Gunungkidul masih belum boleh dikunjungi.

"Kalau yang kami minta untuk putar balik tadi ada ratusan wisatawan. Ratusan wisatawan itu sejak tadi pagi ya," ucap Surisdiyanto.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono menyebut jika kawasan pantai Gunungkidul masih belum dibuka. Karena itu, pihaknya bersama polisi dan pihak terkait mendirikan posko untuk mengantisipasi adanya wisatawan yang nekat berkunjung ke pantai.

"Apalagi saat libur Lebaran seperti ini, penjagaan di pintu masuk tempat-tempat wisata jelas kami tingkatkan. Jadi warga yang datang kami ingatkan agar tidak masuk ke lokasi wisata atau diminta putar balik," tutupnya.



Simak Video "Geliat Wisata di Yogya Terhenti, Hampir 90% UMKM Kena Imbasnya"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA