Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Mei 2020 21:41 WIB

TRAVEL NEWS

Boneka Monster Penangkal Corona dari Jepang Ini Laris Manis

Femi Diah
detikTravel
daruma Amabie
Boneka Monster Penangkal Corona dari Jepang (Foto: NHK)
Tokyo -

Boneka daruma Amabie, yang disebut-sebut sebagai monster penangkal virus Corona, laris manis. Seperti apa sih?

Daruma merupakan boneka tradisional berbentuk bulat, tidak memiliki kaki dan tangan. Biasanya, boneka tradisional berwarna merah, berbentuk bulat dan tidak berkaki maupun memiliki tangan.

Tapi belakangan saat pandemi virus Corona, muncul daruma anyar. Itu daruma Amabie, boneka yokai (mitos monster yang populer melalui cerita rakyat Jepang) berbentuk putri duyung sebagai pembawa keberuntungan yang pertama kali didokumentasikan pada 1846.

Daruma diproduksi di prefektur Gunma, yang memang memproduksi daruma. Daruma Amabie dibuat dengan panjang 9 cm, berwarna merah muda dan biru.

Pemahat daruma, Imai Tsutomu, bilang dia memilih warna-warna cerah untuk membuat daruma Amabie. Dia mengatakan daruma memang sudah dijadikan sebagai boneka keberuntungan untuk melawan pandemi virus Corona.

"Daruma Amabie sangat populer karena bentuknya sangat lucu. Saya berharap boneka ini membantu orang-orang untuk tetap positif menghadapi pandemi virus Corona," kata Imai seperti dikutip NHK.



Menurut Google Trends, yokai Amabie itu mulai muncul di awal Maret dan telah menyebar ke lima benua. Gambar Amabie itu populer lewat tagar #AMABIEchallange yang kini turut menyebar dalam bahasa Inggris.

Awalnya, Amabie menyebar melalui puluhan ribu lukisan, gambar, dan penafsiran personal sosok Amabie di Twitter dan Instagram, orang-orang di Jepang mulai menjual masker wajah dan cairan pembersih tangan dengan gambar Amabie. Dalam prosesnya muncullah daruma itu.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA