Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Mei 2020 21:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ini 12 Makhluk Hidup Terbesar di Bumi (Bagian I)

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
makhluk hidup terbesar bumi
Gorila (Foto: CNN)
Jakarta -

Bumi masih memiliki penghuni yang bisa dibilang terbesar jika dibanding jenis yang serupa dari ekosistemnya. Mereka yang rawan punah tersebar di berbagai wilayah.

Paus biru contohnya, ukuran tubuhnya melebihi dari dinosaurus dan ini mengherankan para peneliti. Selain hewan, ada pula tumbuhan terbesar di dunia.

Berikut ini 12 flora dan fauna terbesar di bumi:

1. Teratai: bunga lili air raksasa di Guyana

makhluk hidup terbesar bumiBunga teratai raksasa Guyana (Foto: CNN)

Hingga kini Anda masih bisa menemukan bunga lili air raksasa dengan nama botani Victoria Amazonica. Lokasinya ada di Amerika Selatan, Guyana.

Bunga lili ini ditemukan pada tahun 1837 dan dinamai Ratu Victoria. Bantalan bunga bakung tumbuh hingga tiga meter dan menahan berat 50 kilogram.

Bunga teratai raksasa Guyana juga dikenal sebagai Giants of Guyana. Tumbuhan ini endemik di perairan dangkal lembah Sungai Amazon dan Danau Oxbow di Rupununi.

2. Ikan: hiu paus

makhluk hidup terbesar bumiHiu Paus (Foto: CNN)

Hiu Paus adalah ikan terbesar di bumi. Spesiesnya terancam punah dan ikan ini dapat tumbuh hingga 62 meter.

Dengan lebar mulut hingga 1,5 meter, hiu paus dapat menelan seluruh gerombolan ikan kecil dan plankton. Raksasa yang lembut ini tidak mengancam manusia, kata John Hocevar, ahli biologi kelautan di Greenpeace USA.

Hiu Paus dapat berenang di kecepatan sekitar 4,8 kilometer per jam. Mereka dapat ditemukan di lautan tropis seperti Cagar Laut Gladden Spit di Belize antara bulan Maret dan Juni, Taman Laut Ningaloo di Australia Barat antara bulan Maret dan Agustus, dan Isla Holbox di Meksiko antara bulan Mei dan Oktober, dan dapat dilihat dari kapal.

3. Penyu: Penyu Belimbing

Penyu belimbing (Foto: CNN)

Penyu Belimbing termasuk rentan punah. Ukuran badannya adalah yang terbesar dari semua penyu dan salah satu reptil terbesar di Bumi.

Penyu yang sangat besar ini memiliki berat hingga 900 kilogram dan panjangnya 2,5 meter. Mereka lahir dari telur sebesar bola pingpong.

Penyu Belimbing dapat bermigrasi hingga 16.000 kilometer setahun untuk mencari makanan dan tempat bersarang. Perairan hangat di resor The Palm Beaches di Florida adalah tempatnya bersarang dari bulan Maret hingga Juli.

Sedang di pantai Karibia, Kosta Rika mereka akan bersarang dari bulan Maret hingga Juni. Mereka juga ada di Kawasan Perlindungan Pantai Shell di Guyana dari bulan Maret hingga Agustus.

4. Primata: Gorila

Gorila (Foto: CNN)

Gorila dari timur yang terancam punah adalah kera dan primata hidup terbesar di planet ini. Keempat subspesies gorila itu memiliki badan lebih besar daripada manusia, tapi gorila di dataran rendah timur adalah yang terbesar, dengan berat badan pejantannya dapat mencapai 204 kilogram.

Mereka juga mamalia terbesar yang membangun sarang, menurut situs web Guinness World Records. Gorila timur memiliki dua subspesies, gorila dataran rendah timur yang ditemukan di Republik Demokratik Kongo dan gorila gunung yang ditemukan di pegunungan Virunga Massif di Republik Demokratik Kongo, Uganda, dan Rwanda.

Taman Nasional Bwindi Impenetrable di Uganda, Situs Warisan Dunia UNESCO, adalah rumah bagi setengah dari populasi gorila gunung di dunia.

5. Hewan darat: gajah Afrika

Gajah Afrika (Foto: CNN)

Gajah Afrika adalah mamalia darat atau hewan darat terbesar di dunia yang hidup berkelompok. Dua subspesies gajah Afrika adalah gajah sabana dan hutan.

Gajah sabana adalah subspesies gajah terbesar, kata Bas Huijbregts, direktur spesies Afrika di World Wildlife Fund. Seekor gajah betina dewasa jantan dapat memiliki ketinggian bahu hingga 3,3 meter, berat hingga 7.500 kilogram dan panjangnya mencapai 9,1 meter.

Bayi gajah memiliki berat 90,7 kilogram dengan tinggi hampir 1 meter saat lahir. Menurut Huijbregts, gadingnya dapat tumbuh sepanjang hidup mereka.

Gajah Afrika juga jadi hewan yang rentan punah karena perburuan untuk perdagangan gading ilegal. Kamu dapat menemukannya di Tanzania, Afrika Selatan, Gabon, Zambia dan Botswana adalah rumah terbesarnya dengan populasi 130.000 ekor.

6. Bunga tunggal: Rafflesia

Bunga Rafflesia (Foto: CNN)

Tumbuhan parasit, bunga Rafflesia adalah bunga tunggal terbesar di dunia. Bunga ini asli dari hutan hujan tropis Sumatera, Indonesia.

Namun, bunga itu juga dapat ditemukan di Thailand, Filipina dan Malaysia. Tanaman ini sering disebut bunga monster karena menarik serangga untuk menyerbukinya karena mengeluarkan bau tak sedap.

Tumbuh dengan diameter sekitar 1,2 meter dengan berat 10 kilogram. Bunga Rafflesia memiliki warna merah tua dengan bintik-bintik di kelopaknya.



Simak Video "Mekarnya Bunga Raflesia Patma, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA