Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jun 2020 23:17 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Puluhan Traveler Kemping di Bukit Alas Bandawasa Saat PSBB

Tim detikcom
detikTravel
Warga padati Bukit Alas Bandawasa, Bogor, untuk berkemah.
Foto: dok. istimewa
Bogor -

Bukit Alas Bandawasa mendadak dipenuhi tenda warna-warni, padahal Bogor masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Foto itu pun menjadi perbincangan netizen.

Peristiwa itu diunggah dalam foto oleh Twitter @pendakilawas pada Minggu (31/5/2020) dengan keterangan "Eh udah pada camping aja neh. Lok : Bukit Alas Bandawasa, Bogor, Hari ini."

Selain menyalahi aturan PSBB dalam upaya memutusa rantai penularan virus Corona, tenda itu juga dipasang berimpitan, tidak ada jaga jarak.

Foto itu direspons beragam oleh warganet. Hingga saat ini, foto-foto tersebut mendapatkan 15 ribuan tanda jempol dan sebanyak akun 2,6 juta komentar.

@divacalista: New normal, new stupidness. Yang kemduian dibalas new death oleh @KmalRukmana.

@GabyKalalo mencuit dengan kalimat: Senja, Kopi dan Covid-19 yang kemudian oleh @swarofskie
dibalas Selamat atas kontribusi kalian dlm menambah beban pemerintah, tenaga medis, dan warga2 lain nya nurut psbb

saat dikonfrimasi, pemilik aku @pendakilawas menyebut kalau foto tersebut asli dan peristiwa itu terjadi pada 31 Mei.

Sementara itu, Plt Camat Cigombong Asep Achdiat menyebut telah mengecek dan membubarkan pendaki itu secara persuasif. Asep mengatakan jumlah pendaki di Bukit Alas Bandawasa, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu ratusan.

"Pada hari Minggu, 31 Mei 2020, pukul 12.15 WIB, memperoleh laporan adanya kerumunan massa melakukan perkemahan dan benar terdapat kerumunan massa yang berkemah sejak Sabtu 30 Mei 2020 pukul 15.00 WIB. Dengan hal tersebut di atas, dilakukan pembubaran secara persuasif," kata Asep dalam keterangannya, Senin (1/6/2020).

"Sekitar 100. Ada yang dari Kota Bogor, Ciawi, Sukabumi, dan lain-lain," dia menambahkan.

Asep menyebut saat ini Bukit Alas Bandawasa sudah diportal. Dia juga telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan penjagaan ketat.

"Lokasi kejadian langsung diportal dan dijaga. Penjagaan dilakukan oleh Satpol PP, unsur Babinsa (Badan Pembina Desa), unsur Babinmas (Bintara Pembinaan Masyarakat), dan Karang Taruna," ujarnya.



Simak Video "Ratusan Pendaki Berkemah di Bukit Alas Bandawasa Saat Pandemi "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA