Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 06:06 WIB

TRAVEL NEWS

Tingkatkan Pariwisata, UMKM di Danau Toba Akan Dapat Bantuan

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
Foto: Danau Toba (Dok. Kementerian PUPR)
Jakarta -

Pelaku UMKM di sekitar Danau Toba bisa mendapatkan bantuan. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan DPSP Danau Toba

Saat pandemi, tentu berbagai proyek tertunda dan berbagai sektor terdampak. Begitu pun Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatera Utara.

Untuk membantu pemulihan destinasi, PT Pertamina yang berada di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan bagi pelaku usaha di sekitar Danau Toba. Bantuan ini disebut dengan Program Kemitraan.

"Program kemitraan pada dasarnya adalah sebuah kegiatan community development yaitu untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat terutama untuk membangkitkan kemandirian ekonomi masyarakat di daerah," kataVice President Corporate Social Responsibility dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pertamina Arya Paramita dalam Webinar "Penyediaan dan Akses Permodalan bagi UMKM Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," Jumat (12/6/2020).

Kemitraan ini akan diberikan dalam bentuk peminjaman modal kepada UMKM. Tentunya dengan tata kelola yang berlaku.

"Ada 7 sektor yang bisa kami bantu, pertanian, industri, perdagangan, jasa, perikanan, perkebunan peternakan. dan sektor- sektor ini sangat erat pada akses permodalan terutama untuk Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Toba. Harapannya ini bisa memberi manfaat yang optimal untuk UMKM," kata Arya Paramita.

Mitra-mitra binaan akan mendapatkan kesempatan untuk skill development. Jadi, ada program pelatihan bersama dan kesempatan untuk mengikuti pameran di luar atau dalam negeri.

"Dari sisi ini pada 2019, kami menyelenggarakan 24 pameran di dalam dan luar negeri, alhamdulillah hasil binaan saat itu bisa tembus sampai 11 miliar," tambah Arya.

Untuk menjadi mitra binaan, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan:

1. Mitra binaan berdiri sendiri artinya milik sendiri dan tidak merupakan afiliasi dari industri atau usaha yang lebih besar.

2. Non Bankable (Belum mendapat akses perbankan)

3.Perseorangan/Badan Usaha/Non Badan Usaha tidak menjadi Mitra binaan program kemitraan bumn lain

4. Kegiatan usaha minimal 6 bulan

5. Omset Maksimal 2,5 miliar/tahun

6. Aset bersih maksimal 500 juta, tidak termasuk tanah dna bangunan

7. Potensi dan prospek usaha dikembangkan

8. WNI

Tata cara pendaftaran dan simulasi pinjaman bisa dilihat melalui website Pertamina.



Simak Video "Momen Jokowi Beri Bantuan Rp 2,4 Juta ke Pedagang di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA